Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip 5 Buah yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

List Artikel
25 April 2019 | 0 Komentar
Penyakit diabetes adalah penyakit yang bisa dikatakan sebagai penyakit kronis karena kemampuan tubuh untuk memproses glukosa atau gula darah mengalami gangguan. Penyakit diabetes terbagi menjadi tiga bagian, yakni diabetes tipe 1 yang tidak dapat memproduksi insulin, diabetes tipe 2 yang dapat memproduksi insulin, namun sel dalam tubuhnya tidak dapat merespon seperti dulu lagi. Sedangkan tipe yang terakhir adalah tipe gestasional yang biasa terjadi pada ibu hamil yang tubuhnya mengalami penurunan sensivitas insulin. Penyakit diabetes ini memang tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah supaya tidak kambuh dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan menyantap makanan sehat, termasuk buah-buahan. Tapi tidak semua buah-buahan aman dikonsumsi penderita diabetes. PergiKuliner sudah mencari tahu lima buah yang cocok dikonsumsi penderita diabetes, yaitu:

 

1. Apel


Sumber : Hellosehat.com


Pertama ada apel yang merupakan buah dengan kandungan serat laut yang bersifat anti inflamasi sehingga bisa membantu pemulihan penderita diabetes yang terkena infeksi. Ditambah lagi, kandungan serat larut pada apel mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan bisa terkontrol. Kandungan serat laut juga bisa memperlambat penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah dan mengurangi kolesterol jahat.

 

2. Jeruk



Sumber : Sciencedaily.com


Berikutnya ada buah jeruk yang memiliki kandungan serat tinggi dan dapat membantu memodulasi darah dengan cara memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah sehingga mampu mengurangi resiko terjadinya lonjakan pada gula darah dalam tubuh. Jeruk yang bisa disantap bisa jeruk mandarin, jeruk pontianak, hingga jeruk keprok yang sangat segar jika dijadikan minuman.

 

3. Belimbing



Sumber : Organicfacts.com


Belimbing merupakan buah yang sangat bagus untuk dikonsumsi para penderita diabetes karena buah ini mengandung serat yang tidak larut sehingga sangat efektif untuk menyerap glukosa dalam tubuh, menunda difusi glukosa, dan menunda pelepasan glukosa dari pati. Dengan begitu konsentrasi gula darah postprandial menjadi menurun sehingga bisa membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula dalam darah.

4. Strawbery



Sumber : Hygienicasta.com


Di urutan ke empat ada buah strawberry yang rendah karbohidrat tapi tinggi seratnya sehingga bagus disantap oleh penderita diabetes. Tak hanya itu saja, buah strawberry juga sangat kaya akan antioksidan sehingga bisa melindungi tubuhmu dari beragam penyakit kronis selain diabetes seperti penyakit jantung dan gagal ginjal. Kamu bisa menyantap buah strawberry begitu saja atau dijadikan smoothie dan jus. Tapi ingat, jangan diberi gula ya!

5. Pir


Sumber : Kumparan.com


Terakhir ada buah pir yang termasuk dalam buah kaya akan serat tapi rendah karbohidrat dan kalorinya sehingga aman disantap oleh penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh dan mengontrol kadar glukosa darah. Selain itu serat yang tinggi ini bisa memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam tubuh sehingga kenaikan glukosa darah akan menjadi lebih lambat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan buah apa saja yang baik dan cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes? Mulai sekarang konsumsi buah-buahan di atas secara bergantian setiap hari ya atau kamu bisa memadukannya satu sama lain sehingga tidak mudah bosan. Namun, jika kamu tak punya cukup waktu untuk mengolahnya sendiri, kamu bisa mendapatkannya secara langsung di beberapa tempat di bawah ini ya. Simak yuk!

Buah Potong Segar

Foto Buah Potong Segar

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sal En Co

Foto Sal En Co

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?