Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip 5 Fakta Unik Daging Kobe yang Super Mahal!

List Artikel
29 Agustus 2019 | 0 Komentar

Buat yang sering makan steak atau BBQ, pastinya kamu sudah pernah mendengar nama daging kobe. Daging kobe merupakan daging sapi yang asalnya berasal dari daerah Kobe yang ada di Jepang. Daging kobe memiliki serat marble yang terlihat unik dan cantik. Daging ini sangat spesial karena menyandang predikat mewah sehingga mau tak mau kamu harus merogoh kocek yang sangat dalam jika ingin menyantapnya. Perlu kamu ketahui, harga daging kobe ini bisa dibandrol dengan harga 3-6 jutaan lebih per kg-nya. Jadi sudah pasti tidak semua orang bisa menyantapnya dengan mudah. Selain steak, daging kobe ini juga bisa kamu jumpai pada menu restoran shabu-shabu dan juga BBQ. Supaya lebih mengenal tentang daging kobe ini, PergiKuliner punya beberapa fakta unik yang perlu kamu tahu, yaitu:


Sumber : Food.detik.com


1. Sapi Kobe Diperlakukan Bak Raja

Pada dasarnya daging kobe ini berasal dari sapi tajima yang tergolong dalam jenis sapi langka asli Jepang. Sapi ini dirawat dan dipelihara dengan sangat baik, bahkan diperlakukan seperti raja. Hal ini dilakukan untuk dapat menghasilkan daging yang berkualitas. Sapi-sapi di sana diperdengarkan musik, kandangnya selalu dalam kondisi bersih dan terawat, hingga dipijat setiap hari. Untuk makanan, sapi tajima tidak diberi makan rumput hijau, tetapi rumput kering, batang padi, kedelai, jagung, hingga pakan bernutrisi.

 

2. Daging Kobe Harus Melewati Seleksi Ketat

Nama daging kobe tidak bisa didapat dengan mudah, karena untuk mendapatkan predikat atau status daging kobe ini harus melewati seleksi yang sangat ketat. Pertama, daging sapi kobe harus didapat dari sapi jenis wagyu. Kemudian, sapi wagyu ini harus dilahirkan, diternakkan, dan disembelih di provinsi Hyugo yang memiliki Ibukota Kobe. Lalu, sapi yang disembelih harus berumur sekitar 28-60 bulan dengan skor yang cukup, yakni minimal A4. Untuk skala marbelingnya harus berada di atas 6. Setiap tahunnya hanya sekitar 3000 ekor sapi saja yang bisa lolos penilaian dan dianggap sebagai daging kobe berkualitas. Susah juga ya? Inilah yang menyebabkan daging kobe sangat langka di pasaran.

 

3. Daging Kobe Bisa Dilacak dengan Kode Khusus

Fakta unik ini pasti bisa membuat kamu tercengang karena ternyata daging kobe ini bisa dilacak karena punya kode khusus yang ada pada kemasannya. Setiap daging sapi kobe yang sudah memenuhi persyaratan ini kemudian dikemas dan kemasannya diberi akta kelahiran sapi dan 10 digit nomor identitas yang menjadi kode khusus yang bisa dilacak seperti KTP pada manusia. Hal ini dilakukan karena ada banyak daging kobe tiruan.


4. Lemak Pada Daging Kobe Meleleh di Lidah

Ada lagi keunikan dari daging kobe ini yaitu lemaknya ketika sudah masuk di mulut akan langsung lumer di lidah. Kenapa bisa demikian? Lemak pada daging kobe memiliki titik leleh yang rendah yakni 77 derajat fahrenheit. Suhu ini lebih rendah dibanding temperatur normal tubuh manusia yang bisa mencapai 98,6 derajat fahrenheit. Jadi wajar saja kalau lemaknya bisa benar-benar meleleh saat dimakan.

 

5. Daging Sapi Sempat Dilarang

Tahukah kamu kalau daging sapi ternyata sempat dilarang oleh pemerintah Jepang. Hal ini dikarenakan masyarakat Jepang yang menganut agama Budha tidak dibolehkan untuk makan daging. Tapi pada era kekaisaran Meiji pada tahun 1800-an, daging sapi sudah mulai boleh disantap. Kekaisaran Meiji ini membuka isolasi masyarakat Jepang pada dunia luar dan tepatnya pada tahun 1919, pemerintah Jepang meningkatkan program pengembakbiakan sapi dan muncul istilah wagyu.

 

Nah, itulah beberapa fakta unik dari daging kobe yang perlu kamu tahu. Kini kamu bisa membedakannya kan? Buat kamu yang ingin langsung makan steak, BBQ, atau shabu-shabu, mampir dulu yuk ke salah satu restoran di bawah ini!

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Tokyo Skipjack

Foto Tokyo Skipjack
Foto Tokyo Skipjack
Foto Tokyo Skipjack

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?