Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip 5 Kue Tradisional Indonesia yang Berbahan Baku Santan

List Artikel
25 Agustus 2019 | 0 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, berbicara tentang kuliner khasnya bukan hanya terbatas pada makanan besar dan minuman saja, tetapi juga cemilan atau kue tradisionalnya. Ada banyak sekali kue tradisional Indonesia yang bisa kamu jumpai di pasar tradisional dan juga toko kue. Salah satu alasan yang menjadikan banyaknya ragam kue tradisional Indonesia adalah karena ada banyak daerah serta suku yang dimiliki negeri ini sehingga masing-masing daerah punya kue khasnya sendiri. Jadi tak heran kalau kamu membuat daftar list, maka sudah dipastikan ada puluhan lebih kue tradisional Indonesia, baik itu yang bercita rasa manis maupun gurih.  Tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama lagi, kue-kue tradisional Indonesia ini punya beberapa kesamaan bahan baku yang digunakan seperti tepung ketan, tepung beras, hingga santan kelapa. Dari sekian banyaknya kue tradisional Indonesia, ada lima yang menggunakan bahan dasar santan, yaitu:

 

1. Kue Serabi



Sumber : Bagi-in.com


Di urutan pertama ada kue serabi yang menjadi jajanan khas Bandung dan Solo. Kue ini memang merupakan kue tradisional yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda karena muncul pada tahun 1923. Kue ini terbuat dari bahan utama santan, tepung beras dan gula pasir saja. Cara membuatnya dengan cara dibakar di wadah mangkok tanah liat sehingga aroma dan cita rasanya jadi berbeda. Saat ini kue surabi sudah mengalami banyak inovasi karena sudah diberi banyak bahan tambahan seperti parutan keju, meises dan lain sebagainya.

 

2. Kue Lumpur



Sumber:  Resepkoki.cid


Selanjutnya ada kue lumpur yang merupakan salah satu kue bercita rasa gurih manis yang memiliki tekstur lembut. Kue ini dibuat dari bahan utama santan, tepung terigu dan telur. Tapi ada juga yang menambahkan ubi atau kentang yang direbus lalu dihaluskan terlebih dahulu. Penambahan kentang atau ubi ini menjadikan cita rasanya lebih manis dan teksturnya menjadi lebih padat. Kamu bisa dengan mudah menjumpai kue lumpur dijual di daerah-daerah yang ada di pulau Jawa.

 

3. Kue Bugis Mandi



Sumber : Selerasa.com


Mungkin ada beberapa di antara kamu yang belum pernah mencicip atau mendengar kue bugis mandi. Kue bugis mandi merupakan salah satu kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar santan, tepung ketan dan kelapa parut. Cita rasanya sudah pasti manis dan teksturnya lembut sehingga membuat kamu bisa dengan mudah menelannya. Kue ini aslinya dibungkus dengan daun pisang, tapi ada beberapa yang menggunakan plastik untuk membungkusnya.  

 

4. Kue Talam



Sumber : Jawapos.com


Kue talam adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan dasar santan dan aneka tepung-tepungan seperti tepung beras, tepung singkong, atau tepung sagu. Ciri khas dari kue ini adalah cita rasanya yang gurih serta teksturnya yang sangat lembut. Ada banyak sekali jenis kue talam yang ada di Indonesia tergantung dari daerah asalnya. Ada kue talam pandan, kue talam durian, kue talam ebi, kue talam tape, kue talam ubi dan masih banyak lagi.

 

5. Kue Bikang



Sumber : Resepkuekomplit.com


Terakhir ada kue bikang yang dari segi tampilanya terlihat sangat cantik karena berbentuk seperti bunga yang sedang mekar. Ditambah lagi warnanya yang berwarna-warni cerah juga menambah kecantikan dari kue ini. Kue bikang merupakan kue khas Jawa Tengah yang dibuat dari campuran santan, tepung beras dan gula pasir. Kamu bisa menambahkan pewarna sesuai dengan warna kesukaanmu. Saat ini, kue bikang terbilang langka karena susah dijumpai lagi.

 

Selain kelima kue tradisional di atas, masih ada lagi kue yang menggunakan bahan baku santan. Hanya saja, ada bahan tambahan lainnya yang juga sama banyaknya. Beberapa kue tradisional yang ada campuran santan di dalamnya adalah kue wajik, semar mendem, kue rangi dan masih banyak lagi. Nah, bagi kamu yang jadi ingin menyantap kue manis lainnya setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung mampir saja ya ke salah satu tempat di bawah ini!

Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Adora Lezat

Foto Adora Lezat
Foto Adora Lezat

Pia Lie Tan

Foto Pia Lie Tan
Foto Pia Lie Tan

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?