Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip 5 Variasi Opor yang Cocok untuk Lauk Ketupat Lebaran

List Artikel
21 April 2023 | 0 Komentar

Opor menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang paling sering disajikan saat hari raya Lebaran. Opor sangat cocok dijadikan sebagai lauk pauk yang disantap bersama dengan ketupat. Kuliner ini identik dengan rasa yang gurih manis karena di dalamnya terdapat campuran santan. Dari segi tampilan, opor terbagi menjadi dua jenis, yakni yang warnanya kekuningan dan yang warnanya agak putih pucat. Perbedaan warna ini dikarenakan adanya penggunaan kunyit di dalamnya. Opor yang menggunakan kunyit akan berwarna kekuningan, sedangkan yang tidak menggunakan kunyit berwarna agak pucat. Untuk bahan dasar, opor sebenarnya bisa menggunakan jenis bahan apa pun untuk dimasak dengan bumbu opor. Tapi tentu saja ada sedikit perbedaan bahan yang ditambahkan untuk varian yang berbeda. Ada lima variasi opor dengan bahan dasar berbeda yang cocok untuk ketupat Lebaran, yaitu:

 

1. Opor Ayam


Sumber: rasabunda.com


Variasi opor yang paling sering digunakan sebagai lauk ketupat Lebaran adalah opor ayam. Opor ayam adalah opor yang dibuat menggunakan bahan dasar daging ayam. Ayam akan dipotong menjadi beberapa bagian lalu dimasak dengan bumbu opor dan santan cair. Tekstur dari ayam yang dibuat opor sangat lembut dan berempah karena penggunaan bumbu rempah yang dominan. Sebelum disajikan, opor ayam akan ditaburi dengan bawang goreng supaya aromanya lebih wangi.

 

2. Opor Daging



Sumber: kurio.network


Selain opor ayam, ada opor daging yang juga cocok untuk lauk ketupat Lebaran. Biasanya olahan daging yang terkenal untuk lauk ketupat Lebaran adalah rendang daging dan semur daging. Namun selain kedua olahan daging tersebut, ada opor daging yang juga menjadi favorit banyak orang untuk lauk ketupat Lebaran. Opor daging dibuat dari bahan dasar daging sapi atau daging kerbau yang dipotong-potong sedang lalu ditumis bersama dengan bumbu kuning dan diberi santan encer. Opor daging kerap kali ditambahkan dengan potongan kentang.

 

3. Opor Tahu Tempe



Sumber: resepmamiku.com


Bagi kamu yang vegetarian, opor tahu tempe bisa menjadi pilihan variasi opor yang tepat. Opor tahu tempe menggunakan bahan dasar tahu dan tempe di dalamnya. Tahu dan tempe yang digunakan haruslah digoreng setengah matang terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya tekstur tahu dan tempe tidak mudah hancur saat dimasak dengan santan dan bumbu opor. Sementara itu, untuk jenis tahu yang digunakan bisa menggunakan tahu apa saja. Jika menggunakan tahu kuning dan tahu putih tentunya harus digoreng terlebih dulu, tapi jika jenis tahu yang digunakan adalah tahu cokelat maka tak perlu digoreng.

 

4. Opor Telur



Sumber: detik.net.id


Opor telur menjadi variasi opor yang cocok untuk lauk ketupat Lebaran. Opor telur menjadi pilihan jika sedang ingin mengirit atau bosan dengan olahan daging saat Lebaran. Opor telur dibuat dari bahan dasar telur yang direbus terlebih dahulu, lalu dikupas kulitnya. Setelah direbus, telur sebenarnya bisa langsung dimasak dengan bumbu dan santan. Namun, ada juga yang menggoreng telur yang telah direbus sehingga tampilan luarnya menjadi berkulit agak kecokelatan.

 

5. Opor Daun Singkong



Sumber: resepkoki.id


Untuk variasi opor terakhir yang cocok sebagai lauk ketupat adalah opor daun singkong. Opor daun singkong merupakan olahan daun singkong yang dimasak dengan bumbu opor. Biasanya opor daun singkong ini disajikan sebagai sayur ketupat. Untuk membuat opor daun singkong ini, kamu harus merebus daun singkong hingga matang lalu meniriskannya dan mencincangnya memanjang agar lebih mudah saat dimakan. Opor daun singkong memiliki rasa yang cenderung gurih asin dengan tambahan rasa pedas karena di dalamnya kerap kali ditambahkan cabai rawit utuh.

 

Itulah beberapa variasi opor yang cocok untuk lauk ketupat Lebaran. Dari kelimanya, manakah yang paling sering kamu jumpai saat Lebaran? Nah, kalau kamu sedang ingin menyantap hidangan bersantan, PergiKuliner punya rekomendasinya buat kamu di bawah ini!

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

RM Bopet Mini

Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini

Ketupat Sayur Padang Alam Saiyo

Foto Ketupat Sayur Padang Alam Saiyo
Foto Ketupat Sayur Padang Alam Saiyo
Foto Ketupat Sayur Padang Alam Saiyo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?