Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Aneka Jenis Saus Steak di Dunia, Kamu Lebih Suka yang Mana?

List Artikel
22 Januari 2017 | 1 Komentar

Siapa yang suka menyantap steak? Steak merupakan kuliner yang menyajikan daging seperti sapi, ayam, dan ikan yang dimasak dengan cara dipanggang. Tingkat kematangan steak berbeda-beda, ada yang medium rare, medium, medium well, hingga well done. Steak pertama kali dikenalkan oleh tentara Inggris di Perancis setelah perang Waterloo. Pada waktu itu, steak dibuat dari daging dengan berat 400 gram yang kemudian dibakar hingga matang. Menyantap steak tak akan lengkap tanpa saus steak yang bisa menambah kaya citarasanya. Dari sekian banyak jenis saus steak di dunia, ada tujuh yang sering kamu jumpai di Indonesia. Ingin tahu ada saus steak apa saja? Yuk simak!

 

1. Saus Mushroom



Sumber: cloudfront.net


Sesuai dengan namanya, saus ini menggunakan bahan baku jamur yang dimasak dengan butter, cream, lada, garam, dan aneka rempah lainnya. Jenis jamur yang digunakan biasanya adalah jamur champignon yang diiris tipis-tipis. Saus ini pertama kali dibuat untuk saus steak pada tahun 1864. Citarasanya gurih dengan tekstur yang agak kental dan kenyal dari jamur.

 

2. Saus BBQ



Sumber: pergikuliner.com


Saus BBQ menjadi salah satu saus steak favorit yang paling banyak dipesan penyuka steak. Saus BBQ terbuat dari pasta tomat, vinegar, liquid smoke, lada, garam, dan gula. Citasanya asam manis serta sedikit rasa pedas dari lada. Saus BBQ sangat cocok untuk dijadikan saus steak dengan daging sapi yang dimasak dengan kematangan medium rare atau medium well.

 

3. Saus Blackpepper



Sumber: pergikuliner.com


Suka yang pedas-pedas? Saus blackpaper bisa menjadi andalan kamu saat menyantap steak. Saus blackpepper ini terbuat dari campuran saus tomat, kecap Inggris, kecap asin, mentega, bawang putih, bawang bombay, garam, dan pastinya lada hitam. Saus blackpepper ini sudah dikenal bangsa Eropa sejak tahun 1840. Lada hitam digunakan bukan tanpa sebab, tapi untuk menjaga badan agar tetap sehat. Pada masa itu, lada dipercaya sangat ampuh untuk obat dan juga kecantikan.

 

4. Saus Bearnaise



Sumber: eatlikeyouloveyourself.blogspot.com


Saus Bearnaise yang berasal dari Perancis ini memiliki tekstur  yang sangat creamy dengan citrasa gurih. Saus ini terbuat dari butter, cuka, kuning telur, serta aneka rempah-rempah khas Eropa seperti parsley dan tarragon. Orang-orang Perancis menyebut saus ini sebagai saus romantis karena sering disajikan saat dinner berdua bersama pasangan dengan menu steak.

 

5. Saus Teriyaki



Sumber: dishmaps.com


Kamu pasti sudah tahu saus yang berasal dari Jepang ini. Saus teriyaki terbuat dari kecap asin, cuka Jepang, serta gula. Perbandingan bahan-bahan tersebut haruslah pas dengan perbandingan 1:1. Sekilas dari warna dan penampilannya, saus teriyaki ini mirip dengan saus blackpepper, tapi tentunya kedua saus tersebut memiliki citarasa yang jauh berbeda. Saus teriyaki ini memiliki citarasa manis dan gurih.

 

6. Saus Pesto



Sumber: bordbia.ie


Tak hanya pasta yang disajikan dengan saus pesto khas Italia, tapi steak juga bisa disajikan dengan saus pesto. Saus pesto sudah dikenal oleh masyarakat Genoa sejak zaman Romawi Kuno. Citarasa saus pesto sangat unik karena terbuat dari perpaduan daun basil, minyak zaitun, keju parmesan, serta kacang pistachio.

 

7. Saus Sambal Matah



Sumber: static.qraved.com


Indonesia ternyata juga punya saus steak yang banyak digemari, yakni saus sambal matah yang memiliki tingkat kepedasan cukup tinggi dibanding saus steak lainnya. Saus sambal matah terbuat dari bawang merah, cabai merah, sereh, daun jeruk yang diiris tipis-tipis lalu dicampur dengan terasi, gula, garam, perasan jeruk nipis, dan juga sedikit minyak goreng panas. 

Holy Smokes

Foto Holy Smokes
Foto Holy Smokes
Foto Holy Smokes

Waroeng Steak & Shake

Foto Waroeng Steak & Shake
Foto Waroeng Steak & Shake
Foto Waroeng Steak & Shake

Steak Hotel by Holycow!

Foto Steak Hotel by Holycow!
Foto Steak Hotel by Holycow!
Foto Steak Hotel by Holycow!

Abuba Steak

Foto Abuba Steak
Foto Abuba Steak
Foto Abuba Steak

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
cukup informatif . jika ada menu yang laen minta di share ke email saya . tqs
aiwanherwanto@gmail.com | 17 Sep 2017 pk. 10:17 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?