Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Aneka Jenis Tempura Khas Jepang yang Sudah Mendunia

List Artikel
4 Desember 2017 | 0 Komentar

Kuliner khas Jepang yang paling terkenal di dunia tak hanya ramen dan sushi, tapi ada tempura yang merupakan gorengan bertekstur renyah dan garing karena digoreng dengan campuran bumbu tepung yang khas. Tempura biasanya dijadikan lauk pauk tambahan pada masakan Jepang seperti pada pendamping bento dan udon atau dijadikan sebagai camilan dengan cocolan soy sauce. Awalnya, tempura ini hanya dijadikan sebagai kuliner kalangan kelas atas saja, tapi saat ini tempura sudah bisa disantap oleh siapa saja. Ada banyak jenis tempura yang berasal dari Jepang dengan bahan utama yang berbeda-beda, yaitu:

 

1. Tempura Udang


Sumber: pergikuliner.com


Jenis tempura yang paling terkenal adalah tempura udang yang biasa disebut dengan ebiten dalam bahasa Jepang. Jenis tempura ini memang sangat popular karena kebanyakan orang menganggap kalau tempura itu hanya terbuat dari bahan dasar udang saja. Padahal tempura itu tak hanya terbuat dari udang saja. Tempura udang di negara asalnya sering dijadikan makanan pendamping pada kuliner udon, soba, serta dijadikan lauk pada donburi.

 

2. Tempura Ikan


Sumber: detik.food.com


Masyarakat Jepang memang terkenal sangat suka sekali menyantap ikan. Tak heran jika ikan menjadi salah satu bahan tempura yang cukup terkenal. Tempura ikan atau yang disebut sakana ini kebanyakan terbuat dari ikan yang memiliki daging putih dan bertubuh ramping seperti ikan gobi, teri, belut, sweetfish, dan lain sebagainya. Sakana umumnya lebih banyak disantap bersama dengan nasi hangat dan sup.

 

3. Tempura Terong


Sumber: melodyloves94.blogspot.co.id


Jenis tempura yang tak kalah terkenalnya adalah tempura dari terong yang disebut dengan nama nasu tempura. Nasu tempura ini terbuat dari terong ungu yang dipotong bulat-bulat atau dipotong kipas lalu dicelupkan dalam adonan tepung tempura dan digoreng hingga matang. Nasu tempura ini sering disajikan sebagai sebagai lauk donburi atau camilan dengan dicocol saus.

 

4. Tempura Jamur


Sumber: pinterest.com


Tempura jamur atau yang disebut dengan nama kinoko ini merupakan tempura yang terbuat dari bahan baku jamur shitake atau maitake. Jenis tempura ini lebih sering dijadikan camilan. Kebanyakan masyarakat Jepang menyantap tempura jamur dengan cara hanya ditaburi garam saja agar cita rasa jamurnya tetap terasa. Tekstur kenyal pada jamur yang berpadu dengan garingnya tepung tempura membuat kuliner ini terasa lezat di lidah.

 

5. Tempura Sayur


Sumber: pergikuliner.com


Jika kalian mengira kalau tempura sayur ini sama dengan jenis tempura jamur atau terong, kalian salah besar. Tempura sayur yang dimaksud di sini adalah tempura yang terdiri dari berbagai macam jenis sayuran seperti wortel, buncis, jamur, daun selada, dan juga seafood yang dicampur menjadi satu dengan tepung tempura, lalu digoreng hingga matang. Bisa dikarakan tempura sayur atau kakiage ini merupakan bakwan sayur ala Jepang. Kakiage lebih sering dijadikan sebagai makanan pembuka. 


Jadi, sekarang kamu sudah tau kan jenis-jenis tempura khas Jepang. Dan sekarang waktunya kamu cicipin aneka tempura khas Jepang yang ada di restoran-restoran ini!

Shingen Izakaya

Foto Shingen Izakaya

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Tenya Tendon

Foto Tenya Tendon
Foto Tenya Tendon
Foto Tenya Tendon

Uchino Shokudo

Foto Uchino Shokudo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?