Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Asal Usul Dibalik Kelezatan Nasi Liwet Khas Solo

List Artikel
21 Mei 2017 | 0 Komentar

Nasi liwet merupakan kuliner khas Solo yang memiliki cita rasa yang gurih sehingga cocok disantap dengan berbagai macam lauk pauk. Biasanya lauk pauk yang disajikan bersama dengan nasi liwet adalah sayur labu siam, daging ayam, telur rebus opor, sambal, dan yang tak boleh ketinggalan adalah areh yang merupakan semacam bubur gurih yang terbuat dari kelapa. Awalnya nasi liwet dijual oleh pedagang keliling dengan menggunakan bakul bambu di Solo. Namun, sekarang nasi liwet sudah bisa dinikmati di restoran khas Jawa Tengah.

 


Sumber: pergikuliner.com


Liwet dalam bahasa Jawa berarti tanak atau menanak. Jadi nasi liwet ini cukup dimasak satu kali proses tanpa perlu dikukus. Menanak nasi atau ngeliwet biasanya menggunakan ketel tembaga agar nasi dapat matang sempurna, empuk, dan tetep hangat hingga saat disajikan. Nasi liwet bermula dari kebiasaan masyarakat Jawa yang melakukan ritual selametan, Kenduri, hingga Sekaten. Di acara-acara selametan khas Jawa ini selalu dihadirkan nasi samin. Berhubung tak banyak masyarakat Jawa yang bisa memasak nasi samin ini, maka dibuatlah nasi liwet yang rasanya menyerupai nasi samin. Ada juga yang mengatakan kalau nasi liwet sudah dibuat sejak tahun 1823 saat pulau Jawa diguncang gempa bumi. Nasi liwet disajikan sebagai doa yang dilantunkan untuk keselamatan masyarakat Jawa.

 


Nasi Liwet Bandung (Sumber: pergikuliner.com)


Nasi liwet tak hanya bisa kita jumpai di Solo, tapi juga Bandung. Kamu pasti sudah sering mendengar nasi liwet Bandung. Meski sama-sama bernama nasi liwet, tapi ada yang membedakan nasi liwet Solo dan Bandung ini. Jika nasi liwet Solo menggunakan santan sehingga citarasanya gurih, nasi liwet Bandung tidak menggunakan santan dan lauk pauk yang disajikan juga lauk pauk kering dengan lalapan khas Sunda. Hal ini dikarenakan dari segi geografisnya, Solo yang berada di Jawa Tengah memiliki daerah pesisir pantai yang luas sehingga mudah mendapatkan kelapa. Berbeda dengan Bandung yang berada di dataran tinggi. Hal inilah yang membuat nasi liwet Bandung dimasak tanpa santan.

 

Buat kamu yang ingin mencicip nasi liwet khas Solo dan Bandung atau ingin mecicipi aneka masakan khas Indonesia lainnya? Kamu bisa datang langsung ke tempat-tempat kuliner di bawah ini!

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Remboelan

Foto Remboelan

Red Rice

Foto Red Rice

De Cabana

Foto De Cabana

Cari restoran khas Indonesia lainnya di perikuliner.com yuk!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?