Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Asal Usul Ketoprak dan Fakta Uniknya

List Artikel
1 Desember 2020 | 0 Komentar

Bagi para pecinta kuliner, mendengar kata ketoprak pasti yang terbayang adalah makanan dengan saus kacang, bukanlah ketoprak seni pentas drama tradisional. Kuliner ketoprak terbuat dari aneka bahan-bahan campuran seperti ketupat, bihun rebus, tauge rebus, dan tahu goreng yang disiram dengan saus kacang kental. Kuliner ini biasa dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak pada saat malam hari. Namun seiring perkembangan zaman, kuliner ketoprak juga bisa kamu jumpai di restoran-restoran Indonesia.



Sumber: Pergikuliner.com


Asal mula ketoprak sebenarnya masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan kalau ketoprak berasal dari Jawa Tengah dan ada juga yang mengatakan berasal dari Cirebon. Meski diduga berasal dari dua daerah tersebut, kuliner ketoprak justru lebih terkenal di Ibukota Jakarta. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukan penjual ketoprak di malam hari yang sedang berjajar di pinggir jalan. Hal ini bisa dikarenakan para pedagang ketoprak yang awalnya berasal dari Jawa Tengah atau Cirebon hijrah atau merantau ke daerah Jakarta. Cita rasa saus kacangnya yang mirip dengan gado-gado membuat ketoprak jadi lebih familiar di lidah masyarakat Jakarta.



Sumber: pergikuliner.com


Penamaan ketoprak bukanlah tanpa sebab. Nama ketoprak diambil dari bunyi yang dikeluarkan saat piring makanan terjatuh. Nama ketoprak muncul dari seorang penjual makanan yang mencoba untuk membuat suatu makanan yang berbeda agar makanannya laris dijual. Ia pun membuat campuran bumbu dari bawang putih, kacang tanah, dan cabai yang diulek menjadi satu lalu disiramkan di atas bahan-bahan yang ia punya, yakni bihun, tahu, dan ketupat. Setelah selesai membuat makanan tersebut, tangannya tergelincir dan menyebabkan makanan yang telah ia buat jatuh dan piring yang terlepas mengeluarkan bunyi ‘ketuprang’. Oleh karena itu, makanan yang ia buat kemudian dinamai dengan nama ketoprak. Ada juga yang bilang kalau ketoprak merupakan singkatan dari ketupat dan toge yang digeprak.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan asal usul dan fakta kuliner ketoprak. Bagaimana kalau sekarang kamu coba menyantap ketoprak enak yang di bawah ini!

Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Foto Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas
Foto Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas
Foto Ketoprak Kota Udang Cirebon Mas Kas

Ketoprak Cobek Pak Yono

Foto Ketoprak Cobek Pak Yono
Foto Ketoprak Cobek Pak Yono
Foto Ketoprak Cobek Pak Yono

Ketoprak Ciragil & Baso Siomay Jhony

Foto Ketoprak Ciragil & Baso Siomay Jhony
Foto Ketoprak Ciragil & Baso Siomay Jhony
Foto Ketoprak Ciragil & Baso Siomay Jhony

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?