Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Asal Usul Nasi Goreng yang Berawal Dari Nasi Sisa

List Artikel
1 November 2018 | 0 Komentar

Di mata dunia, Indonesia dikenal akan kuliner rendang dan nasi gorengnya. Nama nasi goreng khas Indonesia memang sudah nggak asing lagi terdengar karena pernah masuk dalam jajaran kuliner terlezat di dunia versi CNN di tahun 2017. Tapi tahukah kamu kalau nasi goreng itu aslinya bukan berasal dari Indonesia. Jika kita menelusuri asal usul nasi goreng, kamu akan menemukan fakta bahwa nasi goreng yang ada di Indonesia ini merupakan perpaduan dari akulturasi kuliner Tiongkok. Nasi goreng ternyata sudah tercatat pada era Dinasti Sui (589-618 M) di kota Yangzhou, Jiangsu Timur-Tiongkok.


 Sumber : Pergikuliner.com


Awalnya nasi goreng dibuat di kota Yangzhou karena melihat banyaknya nasi sisa yang nggak termakan. Daripada dibuang begitu saja, maka dibuatlah nasi tersebut dengan ditambahkan kecap asin dan telur yang digoreng menjadi satu. Lalu bagaimana ceritanya nasi goreng bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia? Nasi goreng bisa sampai ke Indonesia karena dibawa oleh pedagang Tiongkok yang singgah di kawasan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-10.


 Sumber : Pergikuliner.com


Ketika sampai di Indonesia, nasi goreng asal Yangzhou ini mengalami perubahan cita rasa karena ditambahkan berbagai macam rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang merah, cabai merah, terasi, dan lain sebagainya. Penambahan bumbu rempah Indonesia inilah yang membuatnya jadi berbeda dan lebih disukai oleh masyarakat. Berhubung Indonesia memiliki beragam suku dan budaya sehingga membuat cita rasa nasi goreng yang ada di Indonesia pun juga berbeda-beda, sebut saja nasi goreng kambing khas Betawi dengan nasi goreng terasi khas Jawa, pasti keduanya punya cita rasa yang nggak sama.  

 

Sekarang kamu sudah tahu kan asal usul nasi goreng yang ternyata berasal dari nasi sisa. Nah, buat kamu yang ingin segera menyantap makanan ini, nggak perlu bingung ya karena PergiKuliner sudah siapkan beberapa referensinya. Segera catat dan langsung kunjungi yuk!


Nasi Goreng Gila Khas Jakarta

Foto Nasi Goreng Gila Khas Jakarta

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Kedai Ndoro Ayu Dewi

Foto Kedai Ndoro Ayu Dewi
Foto Kedai Ndoro Ayu Dewi

Nasi Goreng Samcan AHIEN

Foto Nasi Goreng Samcan AHIEN
Foto Nasi Goreng Samcan AHIEN
Foto Nasi Goreng Samcan AHIEN

Maji Streatery

Foto Maji Streatery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?