Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Beragam Jenis Merica, Mana yang Lebih Pedas?

List Artikel
7 Oktober 2019 | 0 Komentar

Merica atau lada merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner, baik itu untuk sup, gorengan, hingga kuliner yang dipanggang atau dibakar. Merica memberikan sensasi dan citarasa pedas yang bisa membuat tubuh merasa hangat. Selain itu, merica juga memberikan aroma yang khas sehingga citarasa makanan jadi berbeda. Berhubung sangat populer, merica mendapat julukam sebagai raja rempah atau king of spice. Merica merupakan hasil olahan biji merica atau lada yang telah kering. Biasanya merica ini dijual dalam dua bentuk, yakni butiran dan bubuk yang sudah dihaluskan. Berbicara tentang merica, ternyata bumbu rempah ini punya banyak jenisnya lho. Yuk, lihat dulu ada apa saja jenisnya!



 Sumber : 10bestmedia.com


Merica Putih

Pertama ada lada putih yang merupakan jenis lada yang paling umum digunakan dalam dunia kuliner, terutama di Indonesia. Merica putih dihasilkan dari merica yang sudah matang sempurna sehingga bagian kulit luarnya sudah hilang dan mengelupas. Inilah yang membuat warnanya menjadi putih. Merica putih memiliki aroma sederhana dan citarasa pedas yang tidak terlalu tajam. Dalam arti kata lain, merica putih punya cita rasa yang ringan. Merica putih ini lebih banyak dijumpai dalam bentuk bubuk ketimbang butir.

 

Merica Hitam

Kemudian ada merica hitam yang menempati urutan kedua dalam daftar jenis merica yang paling banyak digunakan di dunia. Merica hitam ini dihasilkan dari buah merica yang matang tapi tidak terlalu matang sehingga bagian kulitnya masih ada. Setelah dipetik, buah merica ini harus direbus sebentar dan difermentasikan lalu dikeringkan di bawah sinar matahari sehingga bagian luarnya menjadi hitam. Karena melalui banyak proses pembuatan, tak heran kalau merica hitam ini memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding merica putih. Merica hitam memiliki aroma yang tajam serta cita rasa yang lebih pedas dari merica putih.

 

Merica Hijau

Mungkin ada beberapa di antara kamu yang belum familiar atau bahkan belum tahu kalau ternyata ada merica yang berwarna hijau. Merica hijau ini merupakan jenis merica yang dihasilkan dari buah merica yang masih segar, jauh sebelum matang sehingga warna kulitnya masih sangat hijau. Merica hijau diolah dengan cara dijemur hingga mengering dan kadar airnya menghilang. Berhubung proses penjemuran dan pengawetannya lama, harga merica hijau ini terbilang lebih mahal. Aroma dari merica hijau ini masih segar dengan tidak terlalu pedas.

 

Merica Merah

Terakhir ada merica merah yang dibuat dari buah merica yang setingkat lebih matang dari merica hijau. Lada merah ini banyak ditemukan di Brazil sehingga sering dijuluki dengan nama merica merah Brazil. Merica merah bisa digunakan langsung dalam keadaan segar dan kering. Untuk merica merah kering, kamu harus mengawetkannya terlebih dahulu dengan cara dikeringkan di udara atau dibekukan di dalam air asin.

 

Itulah beberapa ragam jenis merica yang perlu kamu ketahui. Jadi sekarang, pengetahuanmu tentang dunia masakan sudah bertambah bukan? Jika kamu jadi lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung mampir untuk isi perut di salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Soto Roxy H. Darwasa

Foto Soto Roxy H. Darwasa
Foto Soto Roxy H. Darwasa
Foto Soto Roxy H. Darwasa

Amertha Warung Coffee

Foto Amertha Warung Coffee
Foto Amertha Warung Coffee
Foto Amertha Warung Coffee

Soto Kudus Blok M

Foto Soto Kudus Blok M
Foto Soto Kudus Blok M
Foto Soto Kudus Blok M

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?