Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Fakta Menarik dari Croissant yang Awalnya Dibuat Mirip Lambang Bendera Turki

List Artikel
14 November 2018 | 0 Komentar
Suka menyantap pastry? Pastinya kamu juga tahu kan croissant memiliki bentuk yang unik karena mirip dengan bentuk bulan sabit. Croissant merupakan salah satu jenis pastry yang keberadaannya tak hanya disukai masyarakat Eropa saja, tapi juga Indonesia. Di negara kita, croissant dikenal sebagai pastry gurih dengan isian salted egg atau isian sandwich yang cocok disantap saat sarapan. Selama ini, kita selalu mengira kalau croissant ini aslinya berasal dari Perancis, tapi sebenarnya pastry yang satu ini bukan berasal dari negara tersebut lho, melainkan dari Austria. Namun bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Ternyata hal ini ada kaitannya dengan bentuk croissant yang dibuat mirip dengan lambang bendera Turki, yakni bentuk bulan sabit.

Sumber : Pergikuliner.com

Jika kita melihat pada sejarah perang pada abad ke-17, kamu bisa menemukan adanya perang di Buda (peperangan Tours) antara pasukan Wina (Austria) dengan pasukan Kekaisaran Ottoman (Turki). Diceritakan kalau Kekaisaran Ottoman Turki  ingin merebut kembali kota Buda pada saat itu. Mereka menggali terowongan di bawah kota agar bisa sampai ke markas pasukan Wina. Sayangnya strategi tersebut gagal sehingga pasukan Ottoman Turki mengalami kekalahan. Untuk merayakan kemenangan atas pasukan Ottoman Turki, pasukan Wina meminta para pembuat roti di Austria membuat roti kipferl yang berbentuk bulan sabit karena lambang tersebut merupakan lambang kekaisaran Ottoman Turki. Roti kipferl ini merupakan merupakan roti gulung tradisional Eropa yang bisa dengan mudah dijumpai di Jerman, Austria, dan Inggris.


 Sumber : Pergikuliner.com


Roti tersebut kemudian dibawa oleh perwira Austria pada tahun 1830-an ke negara Perancis. Di sana ia mendirikan toko bakery dan ternyata warga negara Perancis sangat menyukai roti kipferl berbentuk bulan sabit tersebut. Sejak saat itulah, beberapa toko roti di Perancis menjual roti kipferl berbentuk bulan sabit yang diberi nama croissant. Dan karena terkenal di Perancis, maka croissant lebih dikenal sebagai roti tradisional khas Perancis. Roti croissant ini biasa disantap sebagai menu sarapan karena bisa dipadukan dengan berbagai macam bahan isian, mulai dari isian manis hingga gurih.


itu dia fakta menarik dari croissant yang awalnya dibuat mirip lambang bendera Turki, sekarang kamu sudah tahu kan alasannya? Nah, di Indonesia sendiri keberadaan croissant cukup terkenal karena memiliki banyak sekali varian, seperti croissant sandwich hingga croissant isi telur asin. Buat kamu yang ingin segera menyantap croissant tersebut, kamu bisa mampir ke salah satu tempat yang ada di bawah ini ya!

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Skywalker Coffee

Foto Skywalker Coffee

Chloute

Foto Chloute

CHOCO CRO by St. Marc Cafe

Foto CHOCO CRO by St. Marc Cafe
Foto CHOCO CRO by St. Marc Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?