Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Fakta Unik dari Bibimbap, Si Nasi Campur Ala Korea

List Artikel
23 Oktober 2019 | 0 Komentar

Pernah mendengar kuliner bernama bibimbap atau kamu sendiri memang sudah pernah mencobanya? Bibimbap merupakan salah satu kuliner khas Korea yang di Indonesia sendiri bisa dengan mudah kamu jumpai karena hampir semua restoran Korea di Indonesia selalu menyajikan bibimbap dalam daftar menu mereka. Bibimbap ini berasal dari bahan dasar nasi yang diberi aneka bahan-bahan tambahan lainnya seperti sayuran serta daging yang kemudian diaduk menjadi satu dengan tambahan saus gochujang khas Korea. Inilah alasannya mengapa kuliner tersebut dinamakan bibimbap yang dalam bahasa Korea berarti nasi campur. Berhubung bahan dasarnya nasi, maka tak sedikit masyarakat Indonesia yang menggemarinya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata nasi campur ala Korea ini punya beberapa fakta unik yang perlu kamu tahu, yaitu:


 

Sumber : Pergikuliner.com

 

1. Bibimbap Awalnya Hanyalah Makanan Para Petani

Bibimbap yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu ini awalnya hanyalah santapan para petani saat mereka makan siang. Para petani yang terlalu sibuk bekerja keras hingga mereka tidak punya waktu untuk makan siang akhirnya mencampur semua bekal makanan yang disiapkan oleh para istri dan menyantapnya bersama-sama sehingga sudah pasti nasi dan lauk-pauk akan bercampur menjadi satu. Kebiasan ini terus berlanjut dan pada akhirnya semua orang ikut menirunya karena terlihat lezat.

                              

2. Bahan yang Digunakan Melambangkan Makna Khusus

Selama ini kita mengenal ada banyak sekali bahan-bahan yang digunakan untuk bibimbap, tapi pada dasarnya bahan-bahan utamanya hanyalah nasi dan tiga sayuran utama yakni mentimun, akar bunga (doraji), dan gosari (sejenis tumbuhan paku). Ketiga sayuran utama yang digunakan untuk bibimbap ini melambangkan persatuan bagi rakyat Korea. Akar bunga melambangkan leluhur, mentimun yang menjadi orang tua, dan gosari yang menjadi perlambangan diri kita. Lantas kenapa saat ini ada banyak sekali bahan-bahan yang digunakan untuk bibimbap? Seperti yang sudah dikatakan di atas, bibimbap awalnya adalah makanan para petani. Tapi ketika disajikan kepada raja dan keluarga bangsawan, tentunya harus ada penyesuaian sehingga ditambahkanlah beragam tambahan sayur serta daging di dalam bibimbap supaya nilai gizi dan nutrisinya semakin banyak lagi. Jadi jangan heran kalau bibimbap yang kamu kenal sekarang setidaknya memiliki lebih dari lima bahan tambahan lainnya.

 

3. Bibimbap adalah Makanan yang Sederhana

Meski bibimbap saat ini dikenal dengan beragam bahan-bahan tambahan lainnya, tapi bibimbap sebenarnya adalah makanan sederhana yang bisa kamu buat di rumah kapan saja. Asalkan ada nasi, sayuran dan gochujang. Di negara asalnya sendiri, bibimbap selalu menjadi makanan darurat yang disantap ketika kamu tidak punya banyak bahan untuk dimasak atau ketika kamu sedang mengirit budget.

 

4. Penyajian Bibimbap Kebanyakan di Hot Bowl

Saat memesan bibimbap, kita selalu ditanya ingin memesan dolsot bibimbap atau bibimbap biasa. Perbedaan dari keduanya hanyalah dari segi cara penyajiannya saja. Untuk dolsot bibimbap akan disajikan dengan hot bowl atau wadah mangkuk tahan panas. Kebanyakan masyarakat Korea lebih suka memesan dolsot bibimbap saat mereka makan di restoran karena cita rasanya berbeda. Selain bibimbap disajikan dalam keadaan masih panas, di bagian bawahnya juga ada kerak nasi yang membuat cita rasa bibimbap jadi lebih lezat ketika dicampur menjadi satu.

 

Itulah beberapa fakta unik dari bibimbap yang perlu kamu ketahui. Nah, buat yang ingin makan makanan Korea, kamu bisa mampir di salah satu restoran Korea di bawah ini!

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Taeyang Sung

Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung
Foto Taeyang Sung

Mujigae

Foto Mujigae
Foto Mujigae
Foto Mujigae

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?