Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Jajanan Takjil Asal Sumatera yang Bisa Jadi Pilihan Berbuka

List Artikel
26 Mei 2019 | 0 Komentar
Sumatera memiliki banyak kuliner jajanan khas dan unik di setiap kotanya masing-masing, apalagi di bulan Ramadhan. Kebanyakan jajanan takjil asal Sumatera ini dapat ditemukan di banyak tempat terutama di pasar, di pinggir jalan atau kaki lima, bahkan di depan rumah warga. Oleh karena itu, banyak pecinta kuliner khususnya masyarakat muslim berburu untuk membelinya sebagai menu takjil. Cita rasa yang dimiliki jajanan takjil asal Sumatera juga beragam dan unik oleh karena itu banyak disukai oleh masyarakat. Apa saja jajanan takjil asal Sumatera yang bisa dijadikan pilihan menu berbuka sahabat PergiKuliner? Mari kita lihat daftarnya!

 

Jejongkong


Sumber :  Rasamasa.com


Jajanan takjil khas Bandar Lampung ini merupakan salah satu kudapan favorit untuk berbuka puasa, bahkan menjadi buruan para masyarakat muslim. Jejongkong memang sangat terkenal, bahkan banyak sekali penjual takjil menjajakan jajanan ini di mana saja, baik di pinggir jalan, di depan rumah warga, pasar, atau bahkan penjual keliling takjil. Cita rasa jejongkong sendiri tentu saja manis, dengan tekstur yang empuk karena menggunakan bahan dasar tepung beras, tepung sagu, hingga tepung kanji.

Lemang Tapai


Sumber : Resepkoki.id

Kuliner khas Minangkabau memang sangat terkenal karena rasanya yang enak dan khas. Salah satu jajanan kuliner khas Minang yang unik dan dijadikan sebagai takjil adalah lemang tapai. Rasanya yang manis legit serta memiliki aroma harum dari pandan serta gurih yang berasal dari garam mampu menggugah nafsu makan saat berbuka. Jajanan takjil ini memang paling favorit dan juga sering diburu oleh para pecinta kuliner khususnya masyarakat muslim. Lemang tapai bisa kamu jumpai di banyak tempat, atau bahkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan beras ketan dan santan yang dimasak di dalam batang bambu. Lemang tapai biasanya disantap bersama topping campuran ketan hitam dan gula aren.

Srikaya Telur


Sumber : Womantalk.com

Srikaya telur merupakan menu jajanan takjil favorit khas Palembang selain pempek. Sesuai dengan namanya, srikaya telur terbuat dari adonan srikaya dan menggunakan banyak kuning telur. Tampilan dari srikaya telur mirip puding tapi teksturnya lebih lembut. Jajanan ini biasanya dijual dalam wadah gelas plastik, namun ada juga yang menjualnya dengan wadah mangkuk plastik agar tampilannya terlihat lebih cantik dan menggoda. Srikaya telur merupakan salah satu jajanan takjil yang selalu ludes terjual jelang waktu berbuka puasa.

Lepat Gayo


Sumber : Fimela.com

Jajanan takjil terakhir adalah lepat gayo, kue basah khas Aceh. Sekilas lepat gayo merip seperti lepat dari kota Bugis, namun lepat gayo khas Aceh ini memiliki perbedaan tersendiri yaitu isian yang ada di dalamnya yaitu parutan kelapa manis. Jajanan takjil ini sangat populer di sana, sehingga sering cepat terjual habis. Lepat gayo terbuat dari tepung beras ketan yang dikukus dengan isian kelapa manis. Cita rasa yang manis dan legit, aroma harum yang khas berasal dari daun pisang yang dipanggang di atas bara api dapat meningkatkan nafsu selera makan kamu.

Dari kelima jajanan takjil khas Sumatera di atas, manakah yang sudah pernah kamu makan dan dijadikan pilihan favorit untuk berbuka? Nah, jika kesulitan mencari takjil-takjil tersebut, tenang saja ya karena ada takjil lainnya yang bisa kamu santap untuk berbuka nanti lho. Lihat rekomendasinya di bawah ini yuk!

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor
Foto Nadine Wibowo Pie Pisang Bogor

Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?