Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Olahan Gula yang Paling Digemari Pecinta Makanan Manis

List Artikel
19 Maret 2017 | 0 Komentar

Gula merupakan sumber pemanis yang bisa mengubah rasa dan aroma pada suatu masakan atau makanan. Gula paling banyak diperjualbelikan dalam bentuk kristal sukrosa padat. Sari gula bisa didapat dari bahan makanan apa saja, namun kebanyakan gula yang dijual di pasaran dibuat dari nira tebu atau aren. Gula memiliki banyak jenis seperti gula pasir, gula merah, gula palem, gula batu, dan masih banyak lagi. Tak hanya teknologi saja yang melakukan inovasi, gula pun juga bisa melakukan inovasi dengan aneka olahan gula yang memiliki citarasa berbeda-beda. Pergi Kuliner punya lima olahan gula yang sangat familiar di lidah dan telinga kamu para pecinta makanan manis. Yuk lihat! 

 

1. Permen



Sumber: candy.about.com


Kamu pastinya sudah tahu camilan manis yang satu ini. Permen terbuat dari bahan baku gula yang dipadu dengan air dan sirup fruktosa. Permen memiliki ratusan citarasa di dunia mulai dari rasa cokelat, kopi, buah-buahan, mint, hingga permen dengan perpaduan cabai agar citarasanya manis pedas. Permen sudah ada sejak zaman purba sekitar 3500 tahun yang lalu di Mesir. Jenis permen yang paling banyak disukai di dunia adalah permen dengan citarasa cokelat dan kopi.

 

2. Gulali



Sumber: pergikuliner.com


Gulali menjadi salah satu olahan gula yang paling disukai anak-anak. Bentuknya yang menyerupai kapas membuat gulali sering dijuluki sebagai permen kapas. Gulali pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh William Morrison dan John C Wharton dengan harga yang sangat mahal pada waktu itu. Gulali dibuat dari gula lalu diberi aneka warna pastel yang cantik seperti biru, pink, serta kuning. Gulali harus dibuat dengan mesin khusus dengan cara memutar-mutar sepotong kayu kecil atau kerucut karton untuk mengumpulkan serpihan gulali yang dibuat oleh mesin. Saat ini gulali tak hanya disantap begitu saja, tapi juga dipadukan dengan aneka minuman atau sebagai topping dessert agar terlihat cantik.

 

3. Arum Manis



Sumber: tokonyacemilanenak.blogspot.com


Arum manis merupakan salah satu olahan gula yang mirip dengan gulali dari segi penampilan. Namun arum manis dan gulali itu sangat berbeda mulai dari tekstur dan citarasa. Arum manis terbuat dari gula pasir yang dimasak dengan air hingga mengental. Selagi masih panas, tarik-tarik adonan dengan hingga berbentuk lembaran-lembaran halus seperti rambut. Jangan lupa untuk menaburi meja untuk membuat arum manis dengan tepung terigu dan minyak goreng yang dimasak hingga kecoklatan. Saat membuat gulali, kamu harus bergerak cepat karena jika sudah dingin, adonan akan menjadi kristal. Arum manis memiliki tektur yang lebih tebal dan kasar jika dibandingkan dengan gulali.

 

4. Karamel



Sumber: photobucket.com


Karamel adalah olahan gula yang dibuat dengan cara memanaskan gula atau proses karamelisasi. Karamel memiliki warna coklat keemasan dan aroma yang sangat wangi. Karamel awalnya hanya digunakan sebagai topping dessert, tapi sekarang karamel banyak digunakan sebagai bahan campuran dessert seperti campuran pudding, permen, hingga es krim. Citarasa manis dan aromanya ini mampu menggugah selera dan membuatmu ingin nambah dan nambah lagi.

 

5. Sirup



Sumber: tokopedia.com


Sirup menjadi olahan gula yang paling bisa dipadukan dengan aneka olahan dessert manis lainnya seperti pudding, cake, es, hingga aneka minuman. Sirup terbuat dari gula yang dimasak dengan sedikit air hingga mengental. Perbandingan antara gula dan air adalah 2:1. Untuk menambah citarasa dan aroma yang berbeda-beda, sirup biasanya ditambahkan perasa makanan seperti rasa buah. Di Indonesia, produksi dan konsumsi sirup terbesar adalah pada saat bulan Ramadhan. 


Nah! Setelah baca artikel di atas, kamu jadi mau makan-makanan manis? Langsung aja yuk cek tempat makan yang menjual aneka dessert atau makanan manis lainnya di bawah ini!

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa

Cotton Drops

Foto Cotton Drops
Foto Cotton Drops
Foto Cotton Drops

Shirokuma

Foto Shirokuma
Foto Shirokuma
Foto Shirokuma

Banyak rekomendasi tempat makan dengan menu manis atau dessert yang bisa kamu kunjungi. Mau tahu? Cek pergikuliner.com yuk! Jangan lupa tulis review menarik tentang pengalaman kuliner kamu dan tunggu kejutan manis dari kita!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?