Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Pentol Kriwil yang Jadi Jajanan Viral Kesukaan Anak-anak

List Artikel
10 Maret 2024 | 0 Komentar

Kamu pernah mencoba pentol kriwil yang menjadi jajanan viral saat ini? Pentol kriwil terbuat dari bahan dasar daging giling, bisa berupa daging ayam ataupun daging sapi, yang dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu rempah lalu direbus hingga matang. Setelah itu, pentol kriwil disajikan bersama dengan saus cabai yang dibuat khusus. Biasanya, saus cabai yang digunakan ini juga diberi campuran saus tomat dan gula pasir, memberikan sentuhan pedas dengan sedikit rasa manis yang tidak terlalu dominan sehingga sangat disukai oleh lidah anak-anak. Karena tingkat kepedasannya yang tidak terlalu tinggi, pentol kriwil dapat dinikmati oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Supaya kamu bisa lebih mengenal jajanan viral kesukaan anak-anak ini, coba kita intip dulu informasi mengenai pentol kriwil yang satu ini!

 


Sumber: cookpad.com/dpmentari


Inovasi dari Bakso

Pentol kriwil merupakan salah satu jajanan tradisional yang konon berasal dari Jawa Tengah, tepatnya dari Yogyakarta. "Pentol" dalam bahasa Jawa berarti bulat, sedangkan "kriwil" berarti keriting, sehingga secara harfiah dapat diartikan sebagai bulatan yang berkeriting. Meskipun bahan dasarnya hampir sama dengan bakso, pentol kriwil memiliki perbedaan tersendiri. Berbeda dengan bakso yang disajikan bersama dengan kuah kaldu yang gurih, pentol kriwil bisa langsung disantap tanpa kuah. Untuk menambahkan kenikmatan rasanya, pentol kriwil biasanya disiram dengan saus cabai yang agak encer.

 

Jajanan Tradisional Kaki Lima yang Kekinian

Pentol kriwil dikenal sebagai jajanan tradisional kaki lima yang biasa dijumpai di pedagang gerobak pinggir jalan. Kamu bisa dengan mudah menemui pedagang bakso kriwil di sekitar gerbang sekolah karena mayoritas pembelinya adalah anak-anak. Inilah salah satu penyebab harga pentol kriwil relatif terjangkau, dijual per biji dengan harga rata-rata seribu rupiah. Popularitas kuliner ini meningkat dan menjadi viral setelah beberapa selebgram mengunggah video ketika sedang jajan pentol kriwil. Seiring dengan itu, muncul banyak tutorial tentang cara membuat pentol kriwil, karena sebenarnya sulit untuk menemukan jajanan ini di tempat lain selain di sekitar gerbang sekolah.


Daya Tarik Pentol Kriwil

Sebenarnya apa sih yang disukai orang-orang dari pentol kriwil ini? Tentu saja teksturnya yang sangat kenyal serta rasanya yang gurih dan pedas manis sehingga bisa membuat siapa saja ketagihan. Bentuknya yang unik juga menjadi daya tarik tersendiri. Tidak seperti pentol biasa yang lapisan luarnya licin, pentol kriwil memiliki lapisan luar yang benar-benar keriting tidak beraturan alias "bergerindil", tetapi tetap mempertahankan bentuk bulatnya. Inilah yang membuatnya terlihat unik dan menarik untuk dicoba. Selain itu, cara menyantap pentol kriwil juga bisa menjadi daya tarik yang membuatnya disukai anak-anak. Pentol kriwil biasa disantap dengan cara ditusuk dan dicocol ke saus yang sudah disiramkan.


Demikianlah sekilas tentang kuliner pentol kriwil yang jadi jajanan kesukaan anak-anak. Buat kamu yang suka pentol atau kuliner serupa seperti bakso, di bawah ini ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi. Siapa tahu, di antara beberapa pilihan tempat ini, kamu akan menemukan kelezatan yang menjadi favorit barumu!

Pentol Budi Mulya

Foto Pentol Budi Mulya
Foto Pentol Budi Mulya
Foto Pentol Budi Mulya

Bakso Arief

Foto Bakso Arief
Foto Bakso Arief
Foto Bakso Arief

Bakso Super Special Pak Diran

Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Bakso Ikah Asgar

Foto Bakso Ikah Asgar
Foto Bakso Ikah Asgar
Foto Bakso Ikah Asgar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?