Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Perjalanan Sejarah Teh yang Ada di Indonesia Yuk!

List Artikel
26 September 2019 | 0 Komentar

Teh menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia setelah kopi. Hal ini dikarenakan minum teh sudah menjadi kebiasaan serta budaya masyarakat kita. Coba saja kamu perhatikan, jika kita datang bertamu ke rumah orang lain, biasanya minuman yang paling sering disajikan adalah teh, bukan kopi atau minuman lain. Ada beberapa alasan mengapa teh sudah membudaya di Indonesia. Alasan yang pertama karena memang sudah menjadi minuman turun menurun dan kedua adalah karena harganya yang relatif murah sehingga bisa dijangkau semua kalangan masyarakat. Harga teh yang murah ini dikarenakan ada banyak perkebunan teh di Indonesia. Yup, tanaman teh memang tumbuh subur di negeri ini sehingga harga jualnya tidak mahal. Buat kamu yang suka minum teh, pernahkah terpikirkan olehmu, sejak kapan sebenarnya teh masuk ke Indonesia?



 Sumber : Pergikuliner.com


Tanaman teh pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1648. Pada tahun tersebut, seorang pria berkebangsaan Jerman yang bernama Andreas Kleyer membawa tanaman teh dari Jepang yang masih berupa benih atau biji tanaman teh. Ia kemudian melakukan uji coba dengan menanamkannya sebagai tanaman hias di Batavia. Kemudian ia juga mencoba menamnya dalam skala besar di Purwakarta dan Banyuwangi. Uji coba penanaman teh ini ternyata membuahkan hasil. Teh yang ditanam di semua dataran Indonesia tersebut tumbuh dengan subur. Kemudian pada tahun 1826, teh mulai ditanam di beberapa tempat lagi, salah satunya adalah di Kebun Raya Bogor. Pada tahun 1827, teh ditanam di Kebun Percobaan Cisurupan, Jawa Barat.



  Sumber : Pergikuliner.com


Keberhasilan akan tanaman teh di Indonesia ini dilirik oleh seorang ahli teh bernama Jacobus Isidorus Loudewijk Levian Jacobson. Ia kemudian secara resmi membuka usaha perkebunan teh di Jawa, tepatnya di Wanayasa dan Raung. Jenis teh yang ditanam di Indonesia ini adalah teh Assam yang berasal dari negara Srilanka. Tanaman teh Indonesia ini kemudian berhasil menggeser keberadaan tanaman teh China di Indonesia. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa teh-teh yang ada di Indonesia berjenis teh hitam, bukan teh putih asal China atau teh hijau asal Jepang. Teh-teh di Indonesia ini sebenarnya memiliki banyak varian jenisnya. Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah teh melati yakni teh yang dipadukan dengan bunga melati. Lalu ada juga teh mawar, teh beras dan lain sebagainya.

 

Supaya kamu jadi lebih menyukai minum teh, ada baiknya mampir saja ke salah satu cafe teh yang ada di bawah ini untuk mencicip aneka minuman teh kesukaanmu ya!

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Tea Et Al

Foto Tea Et Al

Pand'or

Foto Pand'or
Foto Pand'or

House of Tea

Foto House of Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?