Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Ragam Olahan Kentang di Dunia yang Nggak Bikin Kamu Bosan

List Artikel
31 Agustus 2017 | 0 Komentar

Kentang menjadi salah satu satu sayuran yang banyak disukai. Alasannya adalah karena kentang bisa diolah menjadi bahan makanan apa saja. Kentang bisa direbus, digoreng, hingga dipanggang. Kentang memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti bisa menurunkan tekanan darah, menjaga kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung, hingga melancarkan pencernaan. Kentang goreng atau french fries adalah olahan kentang yang paling terkenal di dunia. Tapi tentunya kamu pasti bosan jika hanya menyantap french fries. PergiKuliner kali ini punya tujuh ragam olahan kentang di seluruh dunia yang bikin kamu nggak bosan makan kentang, yaitu:

 

1. Mash Potato


Sumber: pergikuliner.com


Mash potato atau kentang tumbuk adalah salah satu ragam olahan kentang yang berasal dari Inggris. Mash potato pertama kali dikenalkan oleh Hannah Glasse, seorang penulis buku masakan melalui buku resep miliknya yang berjudul The Art of Cookery pada tahun 1747. Mash potato terbuat dari kentang yang dikukus atau direbus lalu ditumbuk hingga halus dan diberi krim serta mentega sehingga tekstur dan cita rasanya jadi lebih creamy. Mash potato juga bisa ditambahkan bumbu seperti cincangan daun parsley, merica, bawang bombay, keju, hingga bacon.

 

2. Roschti


Sumber: adelaidefoodcentral.com 


Roschti merupakan olahan kentang asal Swiss yang bentuknya mirip dengan pancake. Kentang yang telah dikupas lalu dipotong tipis-tipis panjang lalu dimasukkan kedalam campuran mentega dan susu yang sudah diberi garam dan mentega. Adonan ini harus didiamkan terlebih dahulu agar kentang bisa menyerap cairan susu tersebut. Setelah didiamkan, kentang lalu di pan fry hingga matang. Roschti disantap bersama dengan sour cream atau mustard dan saus sambal.

 

3. Croquettes


Sumber: delicious.com.au


Kalau yang ini kamu pasti sudah tahu. Croquettes atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama kroket adalah olahan kentang khas Belanda yang terbuat dari kentang yang dihaluskan lalu diberi seperti merica, pala, garam, mentega, dan kuning telur yang diaduk menjadi satu dan dibentuk lonjong lalu diisi dengan wortel, buncis, dan daging ayam yang cincang dan dibumbui, kemudian dicelup dalam telur dan digulingkan di atas tepung panir, baru digoreng hingga kecoklatan.

 

4. Potato Gratin


Sumber: generalmills.com


Potato gratin adalah olahan kentang panggang yang sering disajikan saat perayaan Natal. Kuliner yang berasal dari Perancis ini dibuat dengan cara memotong kentang lalu merebusnya setengah matang terlebih dahulu, lalu menatanya di atas loyang dan menyiramnya dengan campuran krim, telur, keju parmesan, bawang putih, merica, dan bubuk pala kemudian di panggang di dalam oven selama kurang lebih 45 menit hingga matang. Potato gratin harus disajikan saat masih panas agar terasa lebih sedap.

 

5. Gnocchi


Sumber : pergikuliner.com


Gnocchi merupakan jenis pasta yang terbuat dari kentang yang sudah direbus lalu dihaluskan dan diberi campuran tepung dan telur lalu diadon hingga kalis, bemudian dibentuk bulat kecil dan direbus dalam air yang sudah diberi garam. Masak dalam waktu 3-5 menit lalu angkat dan tiriskan. Gnocchi bisa disantap dengan menggunakan saus pasta apa saja seperti saus bolognaise, bachamel, pesto, dan lain sebagainya.

 

6. Pierogi


Sumber: dvo.com


Jika kamu sudah pernah mencicip dumpling ala China, mandu ala Korea, gyoza ala Jepang, bagaimana jika kali ini kamu mencoba icip pierogi yang merupakan dumpling ala Polandia. Adonan kulit dumpling yang terbuat dari tepung, air hangat, minyak, dan garam ini dibentuk tipis bundar lalu diberi isian kentang yang dipotong-potong lalu dicampur dengan cottage cheese, bawang bombay, minyak zaitun, dan garam lalu dibentuk seperti pastel dan direbus atau di pan fry. Isian pierogi juga bisa ditambahkan daging cincang dan jamur. 

 

7. Perkedel


Sumber: dapurkobe.co.id


Kalau olahan kentang yang satu ini pastinya kamu sudah tahu kan. Perkedel asal Indonesia ini sebenarnya adalah kuliner adaptasi dari Belanda, yakni frikadel. Perkedel terbuat dari kentang yang digoreng atau dikukus terlebih dahulu lalu dihaluskan dan diberi bumbu bawang merah, bawang putih, cincangan daun seledri, merica, pala, dan garam. Kemudian dibentuk bulat pipih dan dicelup dalam telur baru digoreng hingga matang.


Itu dia beberapa ragam olahan kentang di dunia. Nah, kalau di Indonesia sendiri, mungkin perkedel, mash potato dan kroket sudah nggak asik lagi ya di telinga kita. Pasti salah satu dari kamu pernah coba bukan? Nah, buat teman PergiKuliner yang kepingin makan olahan kentang juga, tapi bosan dengan sekedar kentang goreng biasa, kamu bisa nih datangin tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Pappetat

Foto Pappetat
Foto Pappetat
Foto Pappetat

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Wakacao

Foto Wakacao

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?