Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Rahasia Bikin French Fries Nagih Ala Resto Fast Food!

List Artikel
2 Agustus 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka menyantap french fries? Kuliner yang tergolong dalam kategori cemilan ini memang sangat disukai di penjuru dunia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. French fries atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama kentang goreng ini aslinya bukan berasal dari Perancis, melainkan dari dari Belgia. Awalnya kentang goreng dibuat dengan tujuan supaya kentang yang dipanen pada musim dingin bisa dinikmati dalam keadaan panas oleh masyarakat Belgia. Akhirnya dibuatlah kentang yang dipotong panjang-panjang lalu digoreng hingga matang. Berbicara tentang french fries, cemilan ini sangat identik dengan restoran fast food atau restoran cepat saji karena memang camilan ini selalu mendampingi atau dijadikan satu porsi dengan pesanan burger, ayam goreng, atau hotdog. French fries yang ada di restoran fast food ini memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur bagian luar yang renyah garing, tapi tetap lembut di bagian dalam. Kelezatan dari french fries restoran fast food ini ternyata ada triknya lho. Coba kita intip rahasianya yuk!



 Sumber : Kumparan.com


1. Pilih Kentang Berkualitas Baik

Pertama-tama adalah memilih kentang yang berkualitas baik. Biasanya kentang yang digunakan ini adalah kentang kuning yang memiliki ukuran cukup besar sehingga kamu bisa menghasilkan potongan kentang ala french fries restoran cepat saji. Sebelum dipotong, jangan lupa untuk mengupasnya terlebih dahulu. Potong kentang seukuran 8 cm dengan lebar 3 cm dan ketebalan 2 cm. Setelah dipotong-potong lalu rendam dalam air dingin atau air es selama beberapa 20 menit. Nantinya setiap 5 menit, ganti terus airnya. Hal ini dilakukan supaya kandungan tepung pada kentang bisa benar-benar hilang.  

 

2. Goreng Kentang Setengah Matang

Setelah direndam selama 20 menit, panaskan minyak goreng. Lebih baik kamu menyiapkan wadah penggorengan yang cembung atau cukup dalam, hindari menggunakan wajan teflon yang ceper karena nantinya kentang tidak bisa terendam sempurna dalam minyak. Panas minyak sampai benar-benar panas dan goreng kentang setengah matang atau sekitar 2 menit saja, lalu tiriskan segera dan dinginkan serta hilangkan kadar minyaknya. Kalau sudah, simpan kentang dalam wadah yang tertutup rapat lalu masukkan dalam freezer selama minimal 3 jam.

 

3. Goreng Kembali Hingga Matang

Kalau sudah disimpan dalam freezer selama minimal 3 jam, kamu harus mengeluarkannya dan membiarkannya terlebih dahulu supaya suhunya sama dengan suhu ruangan. Kemudian panaskan minyak dan goreng hingga kuning keemasan. Biasanya waktu yang digunakan untuk menggoreng hingga matang sempurna antara 5-10 menit tergantung dari api yang kamu gunakan. Ingat, pastikan kentang terendam sempurna dalam minyak goreng. Setelah matang dan ditiris, kamu bisa langsung menaburkan kentang dengan garam atau bumbu penyedam lainnya. Lebih baik menabur kentang dengan bahan penyedap seperti garam karena jika diberi taburan garam sebelum digoreng, maka kentang akan menjadi lembek dan tidak bisa garing bagian luarnya.

 

Itulah beberapa trik yang digunakan oleh restoran fast food untuk membuat french fries yang lezat. Jika malas untuk menggorengnya, kamu bisa membeli dan mencicipnya di salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Potato Corner

Foto Potato Corner

Montato

Foto Montato
Foto Montato
Foto Montato

Dope Burger & Co.

Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.

Carl's Jr.

Foto Carl's Jr.
Foto Carl's Jr.

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?