Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Sajian Berbuka Ala Rasulullah yang Sehatkan Tubuh!

List Artikel
27 Mei 2019 | 0 Komentar
Berpuasa di bulan Ramadhan sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim. Dalam berpuasa ada yang  namanya waktu berbuka dan waktu sahur. Ketika bersantap sahur, kita disarankan untuk mengikuti dan mematuhi ajaran Rasulullah SAW yakni Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi umat muslim. Rasulullah ternyata memiliki menu berbuka yang difavoritkan. Bukan hanya karena makanan tersebut terasa lezat, tapi juga karena makanan yang dipilih tersebut memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh sehingga bisa menyehatkan orang yang sedang berpuasa. Supaya kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat saat berpuasa, dan juga pahala maka alangkah baiknya jika kita mengikuti menu sajian berbuka ala Rasulullah SAW yaitu:

Kurma



Sumber : Doktersehat.com


Sajian yang pertama ada kurma, yang seperti kamu ketahui merupakan menu kuliner yang paling bagus untuk berbuka puasa. Pasalnya kurma memiliki cita rasa manis alami yang bagus untuk mengembalikan energi tubuh. Ada banyak hadist yang menerangkan tentang hukum sunnah menyantap kurma saat berbuka terutama jenis kurma Ajwa. Kurma Ajwa ini tidak hanya tinggi kalori dan kaya nutrisi saja tetapi juga diyakini bisa menangkal racun dalam tubuh.

 

Buah Delima


Sumber : Nusantaranews.com


Buah delima juga menjadi kuliner favorit Rasulullah SAW untuk berbuka, karena buah ini mengandung nutrisi serta kaya akan antioksidan yang bisa menjaga tubuh lebih sehat selama berpuasa. Dalam Al Quran surat Ar Rahman ayat 68 yang didalamnya berbunyi kalau buah delima merupakan buah yang ada di dalam surga. Buah ini memiliki cita rasa manis yang agak asam sehingga kamu tidak akan bosan menyantapnya.
 

Madu



Sumber : Liputan6.com


Madu dikenal sebagai kuliner yang kaya akan manfaat. Jadi tak heran kalau madu sangat bagus untuk berbuka puasa. Rasulullah SAW menjadikan madu sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Jadi tak heran kalau madu yang banyak manfaatnya ini sering dikonsumsi oleh Rasulullah SAW untuk berbuka. Hal ini bisa dibuktikan dalam Al Quran surat An Nahl ayat 69 yang didalamnya mengatakan kalau madu bisa menjadi obat yang mampu menyembuhkan penyakit dalam tubuh manusia.

 

Susu



Sumber : Starberita.com


Susu juga menjadi minuman yang dikonsumsi oleh Rasulullah SAW untuk berbuka. Susu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang ada dalam tubuh. Khasiat susu bisa kamu temukan dalam Hadist Riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah yang mengatakan kalau beliau tidak tahu satupun makanan dan minuman yang khasiatnya melebihi susu. Oleh karena itu susu bisa kamu konsumsi untuk berbuka dalam keadaan panas maupun dingin sesuai selera.

Kismis



Sumber : Doktersehat.com



Terakhir adalah kismis yang merupakan buah anggur yang dikeringkan sehingga teksturnya terbillang cukup kenyal tapi garing. Kismis sering disantap oleh Rasulullah SAW sebagai menu berbuka karena memiliki banyak manfaat di dalamnya, seperti tinggi kalori sehingga mampu mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa, mengatasi gejala sulit BAB atau sembelit, memperlancar peredaran darah, dan juga kaya akan antioksidan.

Itulah beberapa sajian berbuka puasa ala Rasulullah SAW yang bisa kamu tiru supaya tubuhmu tetap sehat selama berpuasa. Nah, sekarang mari kita intip aneka sajian buka puasa lainnya yang bisa kamu cicipi ini yuk!

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Teler G5

Foto Es Teler G5
Foto Es Teler G5

KOI The

Foto KOI The
Foto KOI The
Foto KOI The

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?