Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Segudang Manfaat dari Menyantap Telur Puyuh

List Artikel
26 Oktober 2018 | 0 Komentar

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan dalam aneka olahan masakan. Di Indonesia, telur tak hanya diolah dengan cara digoreng atau direbus saja, tapi juga dibumbui menjadi balado, semur, opor, hingga sate. Telur memiliki banyak jenis, mulai dari telur ayam, telur bebek, serta telur burung puyuh atau yang lebih dikenal nama telur puyuh. Berbeda dengan telur kebanyakan, telur puyuh memiliki ukuran yang sangat kecil dengan bagian luar alias kulitnya memiliki corak bintik-bintik berwarna cokelat, hitam, dan putih. Di balik bentuknya yang mungil ini, tersembunyi segudang manfaat yang dimiliki oleh telur puyuh, yaitu:



Sumber : Blitarblogspot.co.id 


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat yang pertama adalah telur puyuh ini bisa meningkatkan sistem kekebalan dan imunitas dalam tubuh karena memiliki sumber protein yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan telur ayam maupun bebek. Agar manfaatnya bisa maksimal, konsumsilah setidaknya 3-5 butir telur puyuh setiap hari. Waktu paling tepat untuk mengonsumsi telur puyuh adalah pada saat pagi.


Mengurangi Resiko Kanker

Telur puyuh memiliki kandungan selenium yang bisa mengurangi resiko kanker pada tubuh. Selenium ini merupakan salah satu mineral yang paling banyak terkandung dalam telur puyuh dan juga kandungan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan dan oksidasi.

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium dalam telur puyuh bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kalium merupakan mineral penting yang bertindak sebagai vasodilator alami yang berfungsi untuk melemaskan pembuluh darah dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengendalikan tekanan darah tinggi sehingga sistem kardiovaskular yang ada pada tubuh tetap berfungsi normal.


Mengurangi Resiko Anemia

Telur puyuh memiliki kandungan zat besi yang sangat kaya sehingga bisa bermanfaat untuk melawan anemia atau kekurangan darah. Zat besi adalah komponen penting dari homoglobin yang merupakan zat dalam sel darah merah untuk bertugas membawa oksigen dari paru-paru untuk disalurkan ke seluruh tubuh.


Membuat Gigi Lebih Kuat

Seperti yang sudah dikatakan di atas, kandungan zat besi dalam telur puyuh tak hanya berfungsi untuk mengurangi resiko anemia saja, tapi juga bisa untuk memperkuat gigi. Selain itu, telur puyuh juga mengandung zinc yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan mengurangi resiko penyakit mulut seperti sariawan dan lain sebagainya.


Menjaga Kesehatan Mata, Kulit, Rambut

Dalam telur puyuh terdapat kandungan zat zeaksantin dan lutein yang merupakan senyawa alami yang bisa membantu fungsi retina pada mata sehingga kondisi mata. Selain itu ada kandungan riboflavin juga yang kita kenal dengan nama B2. Vitamin B2 ini tak hanya bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata saja, tapi juga hati, kulit, dan rambut.


Melawan Timbulnya Alergi

Jika kamu mengonsumsi telur puyuh secara teratur, kamu bisa menenangkan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi karena di dalam telur puyuh ada kandungan protein ovomucoid. Hal ini berbeda dengan telur ayam yang terkadang bisa menimbulkan alergi pada tubuh. Kamu bisa mengonsumsi telur puyuh dengan cara mencampurkannya dalam sup atau tumisan.


Jadi, itu dia beberapa manfaat yang akan kamu dapat dari telur puyuh. Sebenarnya tidak hanya telur puyuh aja lho yang memiliki segudang manfaat, telur ayam dan telur bebek pun juga memiliki ragam manfaat untuk tubuh kamu. Untuk itulah kamu harus rajin mengkonsumsi telur ya. Dan beberapa restoran yang mampu mengkreasikan telur jadi olahan menarik adalah kelima restoran di bawah ini. Jangan lupa mampir dan bagikan ulasan kamu di PergiKuliner!

Spumante

Foto Spumante
Foto Spumante
Foto Spumante

Baconerie

Foto Baconerie
Foto Baconerie

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin
Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin
Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?