Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Sejarah di Balik Kue-Kue Populer di Dunia Yuk!

List Artikel
20 Agustus 2019 | 0 Komentar

Bagi penggemar dessert pastinya pernah mencoba aneka kue yang populer di dunia. Jika kita hitung, mungkin ada puluhan jenis kue yang tersebar di berbagai negara. Tapi pastinya hanya ada beberapa yang namanya dikenal dunia dan menjadi populer berkat rasa atau tampilannya yang unik. Sebut saja red velvet, brownies, carrot cake, tiramisu dan cheese cake. Kue-kue tersebut ternyata tak hanya memiliki cita rasa yang khas dan unik, tapi juga sejarah yang unik sehingga membuat kamu heran dan terkejut saat mengetahuinya. Penasaran kan seperti apa sejarah kue-kue tersebut? Yuk, langsung lihat aja!


1. Red Velvet Cake


Sumber : Pergikuliner.com


Siapa yang tak kenal kue berwarna merah menggoda satu ini? Red velvet cake merupakan kue asal Amerika Serikat yang sudah ada sejak tahun 1940-an. Kue ini awalnya hanya disajikan untuk para tentara yang sedang berperang karena pada saat itu sedang terjadi Perang Dunia II. Lahirnya red velvet cake ini dikarenakan pada masa itu, pewarna makanan sangat susah ditemukan dan mahal harganya sehingga koki menggantinya dengan sari buah bit yang lebih murah.


2. Brownies

Sumber : Pergikuliner.com


Kue yang berwarna hitam kecoklatan ini awalnya diciptakan oleh jurus masak dari Hotel Chicago Palmer pada abad ke-19 atas permintaan Bertha Palmer yang ingin hidangan penutup dengan tekstur ringan. Tapi sayangnya sang juru masak lupa memberikan pengembang dari kuenya sehingga jadilah kue cokelat dengan tekstur yang padat dan cenderung bantet. Inilah yang menyebabkan kue ini sering dijuluki dengan nama kue bantet.


3. Carrot Cake


Sumber : Pergikuliner.com 


Carrot cake merupakan kue yang muncul pada abad pertengahan. Awalnya kue ini tidak diberi tambahan krim, tapi pada tahun 1960-an mulai ada penambahan krim keju. Kue ini tercatat sebagai kue yang pernah disajikan sebagai santapan George Washington pada hari pembebasan New York dari penjajahan Inggris di tahun 25 November 1783. Penggunaan wortel pada kue ini bukan tanpa alasan tapi sebagai pengganti gula karena pada masa itu harga gula sedang naik.


4. Tiramisu



Sumber : Yenisafari.my.id


Tiramisu merupakan kue yang berasal dari Italia yang awalnya diciptakan sebagai penambah gairah seksual karena pertama kali dibuat di rumah makan bordil. Tadinya resep ini belum sempurna karena hanya menggunakan kuning telur yang dikocok dengan gula. Kemudian resepnya disempurnakan oleh seorang koki restoran sehingga menjadi tiramisu yang seperti sekarang. Kue yang memiliki aroma kopi ini pernah mencapai puncak popularitas di Amerika pada tahun 1980-an.


5. Cheese Cake


Sumber : Pergikuliner.com


Beralih ke kue yang memiliki cita rasa manis sedikit asin ini. Cheese cake dipercaya sudah ada sejak zaman peradaban Yunani Kuno dan menjadi hidangan bagi para atlet olimpiade pertama di tahun 776 Sebelum Masehi. Pada zaman itu cheese cake dibuat dengan menggunakan keju lembut dari susu kambing dan susu domba. Pada sekitar tahun 1000 Masehi, resep kue ini diperkenalkan oleh tentara Romawi kepada masyarakat Yunani dan akhirnya cepat menyebar ke seluruh wilayah Eropa.


Itulah dia sejarah unik di balik kue-kue populer di dunia. Nah, kalau kamu jadi kepingin makan kue seperti di atas, kamu bisa mengunjungi beberapa toko kue dan cafe yang ada di bawah ini ya!

Nanny's Pavillon

Foto Nanny's Pavillon
Foto Nanny's Pavillon

Woodpecker

Foto Woodpecker

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?