Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Sejarah Egg Tart yang Sedang Hits di Indonesia

List Artikel
22 Maret 2017 | 0 Komentar

Egg tart menjadi salah satu camilan yang sedang hits di Indonesia. Egg tart merupakan camilan manis sejenis pie mini yang terbuat dari adonan susu, krim, gula, dan kuning telur yang kemudian diberi isi custard telur di atasnya yang berwarna kuning coklat keemasan. Kulit egg tart memiliki tekstur yang padat dan agak renyah, sementara pada bagian isinya memiliki tekstur yang sangat lembut. Citarasanya manis sehingga cocok dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.

 



Sumber: pergikuliner.com


Egg tart menurut sejarah sudah ada sejak tahun 1940-an di Hongkong. Saat itu, egg tart sengaja dibuat oleh Tengs Cha Chaan untuk menyaingi ketenaran kuliner dimsum pada masa itu. Setelah 10 tahun kemudian, barulah Lu Yu Teahouse merajai dunia kuliner di Hongkong dengan egg tartnya. Banyak yang bilang kalau egg tart yang ada di Hongkong merupakan hasil adaptasi custard tart yang ada di Inggris karena Hongkong merupakan koloni utama Inggris.

 



Sumber: pergikuliner.com


Egg tart pada tahun 2011 terdaftar dalam daftar 50 makanan paling enak di dunia versi CNN. Egg tart yang enak adalah egg tart yang memiliki aroma wangi dan tidak berbau amis. Sementara untuk bagian permukaanya mulus dan halus. Untuk menghasilkan lapisan atas yang mulus ini, lapisan custard harus diaduk rata dan didiamkan paling tidak satu jam hingga gelembung udaranya hilang  sebelum dituang dalam loyang.




Sumber: pergikuliner.com


Umumnya kita mengenal ada dua jenis egg tart yang ada di pasaran, yakni yang kulitnya terbuat dari crust pastry dan ada yang terbuat dari puff pastry. Egg tart di Indonesia disebut dengan pie susu. Sebenarnya pie susu ini merupakan salah satu varian rasa dari egg tart. Jika egg tart memiliki aneka isian topping seperti cokelat, susu, green tea, dan masih banyak lagi, sementara pie susu hanya memiliki varian susu saja. Belakangan ada varian egg tart yang sedang jadi hits, yakni cheese tart yang merupakan perpaduan dari egg tart dan cheese cake. Jadi egg tart dengan isian topping cheese cake. Buat kamu yang ingin mencicip kelezatan egg tart ini, kamu bisa mengunjungi salah satu gerai egg tart di bawah ini!

Golden Egg Bakery

Foto Golden Egg Bakery
Foto Golden Egg Bakery
Foto Golden Egg Bakery

Hokkaido Baked Cheese Tart

Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart

Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery
Foto Ezo Hokkaido Cheesecake & Bakery

Mau tahu toko kue dimana saja yang menjual egg tart di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek PergiKuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?