Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Tampilan Pertama Gerai Kuliner Cepat Saji Ternama di Dunia, Jadul Banget Lho!

List Artikel
28 Agustus 2018 | 0 Komentar

Keberadaan gerai kuliner cepat saji memang tidak bisa kamu anggap sebelah mata karena kebanyakan buka hingga tengah malam, bahkan ada yang buka hingga 24 jam sehingga bisa menjadi penolong di saat kamu sedang kelaparan tengah malam. Rasanya di Indonesia beberapa gerai kuliner cepat saji yang berasal dari luar negeri sudah tak terhitung lagi jumlahnya karena ada banyak cabangnya di setiap pelosok negeri ini. Tapi pernahkah kamu membayangkan seperti apa wujud tampilan pertama gerai-gerai kuliner cepat saji ternama yang ada di dunia? Coba kita lihat langsung saja yuk!

 

1. McDonald’s


Sumber : Roodepoortnorthsider.co.za


Gerai cepat saji pertama adalah McDonald’s yang gerai pertamanya sudah ada sejak tahun 1948. McDonald’s pertama kali didirikan oleh Dick dan Mac McDonald yang sebelumnya pernah gagal membangun bisnis film. Mereka berdua kemudian mencoba untuk mendirikan gerai makanan cepat saji dan menu pertama yang mereka sajikan adalah burger, kentang goreng, dan minuman bersoda dengan harga 1 paketnya adalah 15 cent atau setara dengan Rp 15.000.


2. KFC


Sumber : Twitter.com//kystatearchive


Sebelum dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken atau KFC, gerai kuliner cepat saji ini diberi nama Sanders Court & Cafe. Gerai yang pertama kali didirikan pada tahun 1930-an di Corbin ini  awalnya merupakan restoran biasa yang menyajikan menu utama ayam goreng. Berhubung letaknya sangat strategis karena berada di pinggir jalan, maka restoran ini kemudian menjadi restoran cepat saji yang kemudian namanya semakin terkenal dan menjadi tempat makan persinggahan orang-orang yang melewati daerah Corbin.


3. Pizza Hut



Sumber : Respublica.typepad.com


Kuliner pizza memang berasal dari negara Italia, tapi si bundar ini justru terkenal di Amerika. Pada tahun 1950-an, masyarakat Kansas sangat tergila-tergila akan pizza. Hal ini dijadikan sebagai peluang oleh Frank dan Dan Carney yang akhirnya membuka gerai pizza pertama mereka pada tahun 1958 di Kansas. Jenis pizza Amerika berbeda dengan pizza Italia karena memiliki roti yang lebih tebal.

 

4. Domino’s Pizza


Sumber : Jobs.dominos.com.au


Selain Pizza Hut, ada Domino’s Pizza yang juga berasal dari Amerika. Gerai kuliner cepat saji ini didirikan oleh Tom Monaghan dan adik laki-lakinya, James Monaghan pada tahun 1960. Logo Domino’s Pizza yang terdiri dari tiga titik ini melambangkan gerai Domino’s Pizza yang merepresentasikan jumlah gerai pertama mereka. Tak jauh berbeda dengan Pizza Hut, Domino’s Pizza ini juga memiliki roti yang cukup tebal. Pada saat itu, Domino’s Pizza memberikan pelayanan pesan antar dengan menggunakan mobil VW.  


5. Burger King


Sumber : Media.bijz.us


Selanjutnya ada Burger King yang membuka gerai pertamanya di Miami, Florida pada tahun 1954. Pemilik pertama Burger King, yaitu James W. McLamore dan David Edgerton menjual paket burger dengan milkshake dengan harga 18 cent atau sekitar Rp 18.000. Setelah 3 tahun dibuka, menu yang paling menjadi favorit dan paling terkenal adalah Whopper yang merupakan gabungan antara burger dan sandwich dengan isian bacon, mustard, jalapeno, selada, bawang bombay, dan keju.


6. Dunkin Donut’s


Sumber : Wikimedia.org


Beralih ke gerai kuliner cepat saji selanjutnya yang muncul pada tahun 1948, yakni Dunkin Donut’s. Awalnya gerai ini dinamakan Open Kettle yang hanya menyediakan menu donat premium untuk kalangan menengah ke atas. Pada tahun 1950, pemiliknya yang bernama Bill Rosenberg kemudian mengganti nama Open Kettle dengan Dunkin Donut’s. Hingga saat ini, Dunkin Donut’s merupakan gerai donat terbesar di dunia karena jumlah gerainya bisa mencapai 7.000 lebih dan tersebar di 35 negara.


7. Starbucks


Sumber : Logomyway.com 


Terakhir ada Starbucks yang kemunculannya paling terakhir dibanding keenam gerai di atas. Starbucks yang saat ini menjadi gerai kopi raksasa di dunia ternyata hanya bermula dari sebuah gerai kecil yang ada di Seattle Pike Place Market, Amerika Serikat. Gerai kopi ini pertama kali dibuka pada tahun 1972. Warna logonya bukan hijau seperti saat ini, melainkan cokelat. Berbeda dengan saat ini, berhubung gerai ini dulunya sangat ramai sekali, maka tidak disediakan kursi untuk duduk.


Setelah melihat gerai-gerai di atas, kamu pasti bisa merasakan suasana nostalgianya. Nah, di Indonesia sudah banyak nih gerai-gerai makanan cepat saji yang sudah PergiKuliner di atas. Jadi, kalau kamu mau makan ke gerai-gerai tersebut mudah banget!

Domino's Pizza

Foto Domino's Pizza
Foto Domino's Pizza
Foto Domino's Pizza

Burger King

Foto Burger King
Foto Burger King
Foto Burger King

Dunkin' Donuts

Foto Dunkin' Donuts
Foto Dunkin' Donuts
Foto Dunkin' Donuts

McDonald's

Foto McDonald's
Foto McDonald's
Foto McDonald's

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?