Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip Yuk Cara Menyeduh Teh yang Benar!

List Artikel
15 April 2020 | 0 Komentar
Orang Indonesia mana sih yang nggak suka minum teh? Hampir semua orang suka minum teh. Teh memang merupakan salah satu minuman yang nikmat, baik disajikan dalam keadaan dingin ataupun panas. Teh yang berkualitas tinggi pada umumnya memiliki rasa yang lebih nikmat dari pada teh biasanya. Tapi sebaik apapun mutu teh tersebut, jika cara penyeduhannya tidak benar tentunya akan menghasilkan rasa yang biasa saja. Menyeduh teh memang ada aturannya sendiri supaya aroma dan rasa teh tetap terjaga. Nah, buat kamu yang sering minum teh, coba ikutin beberapa tips cara menyeduh teh ini supaya rasa tehmu lebih nikmat dari biasanya!

1. Perhatikan Kualitas dan Suhu Air


Sumber : Happydietitian.wordpress.com

Kualitas air adalah faktor yang sangat penting dalam menyeduh teh. Gunakan air dalam kemasan atau yang sudah disterilkan. Jangan pernah memakai air ledeng karena baunya akan terus menempel pada teh. Lalu, jangan lupa juga untuk memperhatikan suhu air yang digunakan. Tidak semua jenis teh bisa diseduh dengan air mendidih. Teh oolong atau teh hijau bisa rusak kualitasnya bila diseduh dengan suhu air yang sangat panas. Hal ini berbanding terbalik dengan teh hitam yang harus diseduh dengan air mendidih.

2. Ingat, Jenis Teko yang Digunakan Juga Penting!


Sumber : Telegraph.co.uk

Menyeduh teh memang paling bagus menggunakan teko yang terbuat dari keramik. Hindari teko berbahan logam karena bau dan rasanya bisa menempel pada air teh. Jangan lupa juga untuk membilas teko dengan air panas terlebih dahulu. Cara ini berguna untuk menjaga kestabilan suhu air sebelum dan saat diseduh. Selain itu, hal tersebut juga berguna untuk memastikan bahwa semua bau dan kotoran dalam teko telah hilang.

3. Ikuti Etika Menyeduh Teh


Sumber : Cafedirect.co.uk

Masukkan 3 sendok kecil teh ke dalam teko. Seduhan pertama sebaiknya dibuang karena pada saat pertama kali dituang dengan air panas, daun teh yang kering belum terbuka dengan sempurna. Cara ini akan memberi waktu bagi daun teh untuk sedikit terbuka sehingga harumnya lebih terasa dan siap untuk diseduh. Nah, pada seduhan kedua, tuangkan air dengan gerakan memutar agar penyeduhannya merata. Kenapa demikian? Karena bagian teh yang terkena air terus menerus bisa rusak akibat terlalu lama terkena panas.
Saat menuang air panas, jangan sampai air memenuhi seluruh teko. Beri sedikit ruang agar aromanya lebih kuat. Tutup teko dengan rapat dan diamkan selama 3 menit. Hal ini juga berlaku dengan teh celup. Diamkan teh celup selama 3 menit di dalam cangkir berisi air panas. Ingat, jika terlalu lama didiamkan, teh akan menjadi terlalu pekat dan terasa pahit. Setelah itu, teh bisa dituangkan ke cangkir dan siap untuk dinikmati.

Gimana? Jadi tahu kan cara menyeduh teh biar kenikmatan rasanya tetap terjaga? Nah, buat kamu yang pengen menikmati sajian teh yang oke punya, berikut ini beberapa restoran yang punya teh terbaik di Jakarta!

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Those Between Tea & Coffee

Foto Those Between Tea & Coffee
Foto Those Between Tea & Coffee
Foto Those Between Tea & Coffee

The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel

Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel
Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?