Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Favorit di Restoran Steak, Ini Dia Fakta Daging Sirloin!

List Artikel
5 Agustus 2019 | 0 Komentar

Steak menjadi salah satu makanan mewah yang selalu disantap saat kantong sedang tebal. Pasalnya harga yang harus kamu bayar untuk dapat menikmati satu porsi steak ini memang cukup menguras kantong. Hal ini dikarenakan steak merupakan kuliner asal barat yang terbuat dari bahan dasar daging sapi sehingga tak heran kalau harga jualnya per porsi lumayan mahal jika dibandingkan dengan kuliner-kuliner barat lainnya. Meski dikatakan harganya cukup mahal, tapi bukan berarti peminatnya sangat sedikit. Ada banyak sekali penggemar steak yang rela membayar mahal untuk dapat menikmati lezatnya kuliner yang satu ini. Berhubung menggunakan daging sapi,  ada beberapa jenis bagian daging yang biasa digunakan. Salah satunya adalah daging sapi bagian sirloin. Sirloin merupakan bagian has luar yang terletak di daerah punggung dekat dengan paha belakang sapi. Daerah tersebut memang menjadi salah satu bagian tubuh sapi yang paling aktif bergerak. Jadi bisa dikatakan kalau daging ini memiliki otot yang cukup banyak sehingga teksturnya lebih kenyal jika dibandingkan bagian daging sapi lainnya. Berbicara tentang sirloin, tahukah kamu kalau ada beberapa fakta dari daging has luar ini yang perlu kamu ketahui, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com

 

Sirloin Punya Beberapa Jenis

Fakta yang pertama adalah bagian daging sapi has luar ini ternyata punya dua jenis lho. Ada top sirloin dan bottom sirloin yang keduanya ini sangat berbeda dari segi teksturnya. Bagian top sirloin memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga lebih banyak diminati oleh para penggemar steak. Sedangkan untuk jenis bottom sirloin, teksturnya lebih kenyal karena mengandung lebih banyak otot.

 

Sirloin Punya Kandungan Kalori yang Besar

Daging sirloin punya banyak kandungan di dalamnya, mulai dari lemak, protein, dan pastinya kalori. Untuk hitungan 8 ons daging sirloin atau sekitar 230 gram (1 porsi steak) terdapat kandungan sekitar 400 kalori yang didapat dari 280 protein dan 120 lemak. Jadi wajar saja kalau kebutuhan tenagamu pasti akan terpenuhi setelah menyantap daging sirloin ini. Selain kandungan kalorinya yang cukup besar, ada juga kandungan vitamin dan mineral yakni B12, B6, vitamin E, vitamin K, asam folat, tiamin, hingga riboflavin.

 

Sirloin Punya Lemak Memanjang di Salah Satu Sisinya

Untuk membedakan daging sirloin dengan bagian daging lain, sebenarnya kamu bisa melihat ciri dari daging sirloin yang ternyata punya lapisan lemak memanjang di salah satu bagiannya. Ciri ini sangat mencolok dan inilah yang membuat tekstur dari daging sirloin tidak mudah hancur saat dipanggang dan bisa membuat tekstur daging sirloin bisa lebih kenyal. Selain itu, uniknya lemak yang memanjang ini membuat cita rasa daging sirloin bisa menjadi lebih gurih dan juicy ketika dipanggang.

 

Harga Sirloin Paling Terjangkau Dibanding Jenis Daging Lain

Perlu kamu ketahui kalau ternyata harga daging sirloin ini ternyata lebih murah alias lebih terjangkau jika kamu bandingkan dengan jenis daging steak lainnya. Salah satu alasan kenapa daging sirloin lebih murah adalah karena teksturnya yang cukup kenyal karena banyak otot dan lemak. Tidak semua orang suka dengan tekstur daging yang kenyal. Rata-rata orang lebih memilih tekstur yang empuk. Padahal tekstur kenyal ini akan terasa lebih lezat disantap. Ditambah lagi, berhubung lemaknya cukup banyak, ketika dipanggang, lemak bisa menjadikan cita rasa daging jadi lebih gurih. Alasan lainnya kenapa daging sirloin bisa lebih murah adalah karena bagian sirloin ini menjadi salah satu bagian daging sapi yang besar sehingga bisa dipotong menjadi beberapa porsi.

 

Itulah beberapa fakta dari daging sirloin. Kalau setelah membaca artikel di atas kamu jadi kepengen makan steak, mampir saja dulu ke salah satu tempat di bawah ini ya!

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

Abuba Steak

Foto Abuba Steak
Foto Abuba Steak
Foto Abuba Steak

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Wilshire

Foto Wilshire
Foto Wilshire

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?