Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Favorit, Ini 7 Buah yang Sering Dijadikan Es Buah Segar

List Artikel
22 April 2023 | 0 Komentar

Es buah merupakan salah satu kuliner dengan sensasi dingin yang sangat populer di Indonesia. Tidak diketahui dari mana asalnya es buah ini, tetapi pastinya es buah bisa dijumpai hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia. Es buah adalah minuman es yang di dalamnya terdapat banyak isian buah-buahan lalu dicampur dengan susu kental manis, sirup merah, dan pastinya es batu. Jenis buah yang digunakan bisa berbeda-beda tergantung dari daerah mana es buah tersebut dijual, karena ada beberapa daerah yang memiliki buah dengan harga sangat murah dan mudah didapat. Dari sekian banyaknya buah-buahan yang ada di Indonesia, ada tujuh yang paling sering yang dijadikan es buah segar, yaitu:

 

1. Melon



Sumber: rumahbuah.com


Buah pertama yang sering dijadikan bahan dasar es buah segar adalah melon. Buah ini memiliki tekstur yang agak empuk dengan rasa yang manis. Melon di Indonesia ada dua jenis, yakni yang berwarna kuning kehijauan dan yang berwarna oranye kehijauan. Es buah segar biasanya menggunakan jenis melon kuning karena rasanya jauh lebih manis jika dibandingkan dengan melon oranye. Sebelum dicampurkan ke dalam es buah, melon akan dipotong dadu atau dicetak berbentuk bulatan kecil.

 

2. Semangka



Sumber: food.detik.com


Semangka sudah pasti masuk dalam buah yang sering dijadikan es buah segar karena tak hanya memiliki rasa yang manis tapi juga punya sensasi yang menyegarkan. Pasalnya, buah semangka juga memiliki kadar air yang sangat tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sebagai es buah untuk takjil. Semangka bisa didapat dengan mudah di Indonesia karena buah ini bisa tumbuh subur di tanah Indonesia.

 

3. Pepaya



Sumber: prod.healthline.com


Tak berbeda jauh dengan kedua buah sebelumnya, buah pepaya juga sangat mudah dijumpai karena bahkan bisa tumbuh di pekarangan rumah. Harganya juga jauh lebih murah sehigga bisa dijangkau semua kalangan. Pepaya di Indonesia memang banyak jenisnya. Namun uniknya, meski ragamnya banyak, rasanya tak jauh berbeda. Perbedaan dari beragam jenis pepaya hanya terlihat dari segi bentuk dan rasa manisnya. Saat dijadikan sebagai isian es buah, pepaya biasanya akan dibentuk bulat-bulat kecil menggunakan cetakan khusus.

 

4. Anggur


 

Sumber: post.healthline.com


Buah anggur juga sering dijumpai sebagai isian dalam es buah segar. Anggur memiliki campuran rasa asam dan manis yang selaras sehingga cocok dijadikan sebagai es buah. Dibandingkan dengan anggur hijau dan anggur hitam, anggur merah menjadi jenis anggur yang paling sering digunakan sebagai es buah. Hal ini dikarenakan anggur merah memiliki rasa yang lebih manis daripada kedua jenis anggur tersebut. Nah, sebelum dimasukkan ke dalam es buah, biji anggurnya harus dibuang terlebih dahulu, ya!

 

5. Strawberry



Sumber: extension.colostate.edu


Selanjutnya ada strawberry yang juga masuk ke dalam isian es buah. Meski buah ini terbilang agak sulit didapat jika dibandingkan buah-buahan lainnya, tapi dengan memasukkan strawberry ke dalam es buah maka sajian es buah bisa menjadi terlihat lebih mewah. Strawberry memiliki rasa asam yang dominan sehingga cocok berpadu dengan manisnya sirup merah dan susu kental manis.

 

6. Buah Naga



Sumber: poppyswildkitchen.com


Buah yang sering dijadikan es buah segar lainnya adalah buah naga. Buah ini memiliki tampilan yang sangat cantik sehingga sangat disukai meski rasanya terbilang tidak terlalu manis. Buah naga memiliki dua jenis, yakni yang berwarna merah muda dan yang berwarna putih. Jenis yang paling sering digunakan sebagai isian es buah adalah yang berwarna merah muda karena terlihat lebih cantik.

 

7. Apel



Sumber: libertyprim.com


Buah terakhir yang sering dijadikan sebagai es buah segar adalah apel. Buah apel memiliki tekstur yang crunchy sehingga bisa memberikan sensasi renyah saat menyantap es buah. Apel yang sering digunakan sebagai isian es buah adalah apel fuji atau apel merah karena rasanya lebih manis jika dibandingkan apel hijau. Sebelum dicampurkan dengan buah lainnya, apel biasanya akan dipotong kotak-kotak kecil sehingga memudahkan kita saat menyantapnya.

 

Bagaimana menurutmu tentang buah-buahan di atas yang sering dijadikan sebagai es buah segar? Apakah selain ketujuh buah tersebut ada buah lainnya yang sering kamu jumpai? Buat kamu yang ingin mencari olahan es segar, di bawah ini ada rekomendasi tempat yang bisa didatangi!

 

Pisang Ungu

Foto Pisang Ungu
Foto Pisang Ungu
Foto Pisang Ungu

Es Pisang Ijo Cendana

Foto Es Pisang Ijo Cendana
Foto Es Pisang Ijo Cendana
Foto Es Pisang Ijo Cendana

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?