Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Ikon Kuliner Jepang, Ini Fakta Ramen yang Tak Banyak Orang Tahu

List Artikel
21 Januari 2017 | 0 Komentar

Seperti yang kamu tahu, ramen merupakan ikon kuliner khas Jepang yang paling terkenal setelah sushi. Jika ada orang yang berbicara tentang ramen, pasti negeri Sakura inilah yang pertama muncul di pikiran kamu. Ramen sangat digemari masyarakat dunia karena variannya yang banyak, kaldunya yang lezat, toppingnya yang beraneka ragam, dan pastinya citarasanya sangat khas sehingga bikin ketagihan. Di Indonesia sendiri kedai penjual ramen sudah tak terhitung lagi jumlahnya, mulai dari kedai ramen kaki lima hingga sekelas restoran ternama. Meski menjadi kuliner terkenal, ada beberapa fakta tentang ramen yang tak banyak orang tahu loh, seperti:



Sumber : Pergikuliner.com


1. Pandangan Awal Tentang Ramen

Ramen menjadi kuliner yang bisa dinikmati banyak kalangan baik itu anak muda hingga orang tua karena harganya yang relatif terjangkau. Ramen juga banyak dijual secara kemasan sehingga buat kamu yang ingin menyantap ramen tapi kantong sedang kempes, kamu bisa membeli ramen kemasan dengan harga yang murah meriah. Tapi tahukah kamu kalau ramen pada awalnya dianggap sebagai makanan mewah yang hanya bisa dinikmati kalangan tertentu saja. Pada tahun 1958, Momofuku Ando memperkenalkan produk ramennya sebagai barang mewah dengan harga jual mahal.

 

2. Kemiripan Pizza dan Ramen

Pizza berasal dari Italia sementara ramen berasal dari Jepang, lalu apa yang membuat keduanya mirip? Apa karena sama-sama menggunakan bahan baku tepung? Bukan hanya bakunya saja yang sama, pizza dan ramen sama-sama memiliki satu hal yang sama yakni memiliki aneka topping pilihan yang sangat melimpah dan beragam. Sebut saja dalam satu jenis ramen, kamu bisa menemukan aneka macam topping yang berbeda dan tentunya pilihan topping yang berbeda tersebut bisa mempengaruhi citarasa ramen.

 

3. Tata Cara Menyantap Ramen

Ada banyak orang yang menyantap ramen dengan menggunakan sumpit sebagai alat bantu makan lalu sendok untuk menyendokkan kuahnya. Tak ada yang salah memang dengan cara makan tersebut, tapi sebenarnya ramen harus disantap dengan cara diseruput kuahnya dengan mendekatkan mangkok ke mulut kamu. Hal ini dianjurkan agar kamu lebih menikmati citarasa kuah ramen yang sangat berbumbu. Suara dari seruputan ramen tersebut juga bisa membangkitkan nafsu makan orang loh.

 

4. Ramen Jadi Kuliner Laris di Penjara Amerika

Ramen tak hanya terkenal di negara Asia, tapi juga Amerika. Percaya atau tidak, menurut New York Post, ramen instan didaulat menjadi kuliner terfavorit dan terlaris di penjara Amerika. Tak hanya favorit menyantap ramen instan, bahkan saking sukanya para narapidana ini terhadap ramen, mereka terkadang menambahkan rasa makanan penjara dengan taburan bumbu ramen alias bubuk ramen.

 

5. Tak Hanya Dikonsumsi di Bumi

Ayo coba tebak, mie pertama yang dikonsumsi di luar bumi jenis mie apa? Yup, ramen menjadi mie pertama yang dikonsumsi di luar angkasa pada tahun 2005. Pada saat itu, seorang astronot asal Jepang yang bernama Soichi Noguchi ini membawa ramen saat ia bertugas di luar angkasa. Ramen yang dia bawa tentunya bukan sembarang ramen karena jika dia membawa ramen biasa ke luar angkasa nanti dia tidak bisa menyeduh ramennya karena tak ada gaya gravitasi. Ramen yang ia bawa adalah hasil modifikasi yang dinamakan space ramen.

 

Jadi kepengen makan ramen nih? Yuk lihat rekomendasi kedai ramen di bawah ini!

Ramen SeiRock-Ya

Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya

Ramen 38 Sanpachi

Foto Ramen 38 Sanpachi
Foto Ramen 38 Sanpachi
Foto Ramen 38 Sanpachi

Bariuma Ramen

Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen

RamenYA

Foto RamenYA
Foto RamenYA
Foto RamenYA

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?