Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Kuliner yang Bergizi Tinggi, Ini 3 Jenis Sashimi yang Harus Kamu Ketahui

List Artikel
26 Maret 2018 | 0 Komentar

Sashimi merupakan makanan khas Jepang yang menggunakan seafood segar sebagai bahan bakunya. Seafood segar yang disajikan bisa berupa ikan-ikan laut, gurita, cumi, dan lan sebagainya. Setelah dibersihkan, seafood segar dipotong-potong lalu disajikan bersama dengan kecap asin, parutan jahe, dan wasabi. Penggunaan kecap asin adalah untuk menambah lezat cita rasanya sementara penggunaan jahe dan wasabi tak hanya untuk cita rasa saja, tapi juga untuk membunuh bakteri yang ada pada seafood segar. Tak seperti sushi, pengetahuan masyarakat Indonesia tentang sashimi memang masih kurang karena hanya sebagian orang saja yang menyukainya. Untuk menambah pengetahuan kamu tentang sashimi, PergiKuliner akan memberitahukan tiga jenis sashimi yang harus kamu ketahui, yaitu:

 

1. Tsugatazukuri


Sumber: yukmakan.com

 

Tsugatazukuri merupakan jenis sashimi yang masih mempertahankan bentuk ikannya alias kepala dan ekor ikan masih disajikan di atas piring dengan potongan-potongan daging ikan yang diletakkan di atasnya. Jenis sashimi ini tergolong paling mahal dibanding jenis lainnya sehingga hanya disantap atau dinikmati pada saat-saat yang istimewa saja seperti pada perayaan pernikahan atau acara khusus.

 

2. Ikezukuri


Sumber: guide-japan.seesaa.com


Kalau sashimi yang satu ini adalah sashimi yang menyajikan seafood hidup hanya beberapa saat sebelum disajikan. Jadi kamu harus menyantapnya dalam keadaan masih setengah bernyawa. Misalnya saja seafood seperti gurita atau cumi yang tubuhnya masih tetap bergerak-gerak meski telah dipotong-potong. Hal ini karena otot-otot tubuhnya masih tetap bekerja beberapa saat meski sudah tidak bernyawa.

 

3. Tataki


Sumber : pergikuliner.com


Terakhir ada tataki yang merupakan sashimi yang dipotong-potong lalu dibakar atau diletakkan di atas api dalam hitungan detik sebelum disajikan sehingga membuat warnanya tampak matang dari luar, tapi di dalamnya masih mentah dan segar. Jenis ikan yang digunakan bisa berupa ikan cakalang, ikan bonito, ikan tuna, dan lain sebagainya. Tataki biasa disajikan bersama dengan saus ponzu, parutan bawang putih dan irisan daun bawang untuk menambah aroma lezatnya.

 

Setelah mengetahui jenis-jenis sashimi di atas, kamu bisa langsung datang ke salah satu restoran Jepang di bawah ini untuk mencoba sajian sashimi mereka. 

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?