Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jadi Vegetarian? Kamu Bisa Santap 7 Kuliner Indonesia yang Lezat Ini

List Artikel
4 Juli 2018 | 0 Komentar

Selezat-lezatnya kuliner asing, kuliner dari negeri sendiri akan terasa jauh lebih lezat. Perumpamaan inilah yang kerap kali terdengar di mulut orang-orang Indonesia. Indonesia memang surganya kuliner. Saking banyaknya varian kuliner tradisional Indonesia, kamu bahkan tak akan habis mencicipnya satu-persatu. Bagi kamu yang ingin atau sudah menjadi vegetarian, ternyata ada banyak kuliner Indonesia yang bisa disantap oleh para vegetarian karena sebagian besar kuliner Indonesia terbuat dari bahan utama sayur dan buah. Ingin tahu ada kuliner apa saja yang menjadi rekomendasi buat kamu? Mari kita lihat!


1. Gado-gado



Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner khas Indonesia yang pertama yang terkenal sebagai kuliner kesukaan vegetarian adalah gado-gado. Gado-gado seringkali dijuluki sebagai saladnya Indonesia. Hal ini dikarenakan gado-gado terbuat dari beragam jenis sayuran yang direbus seperti kacang panjang, kentang, kubis, kangkung, jagung, dan tauge. Untuk tambahan proteinnya ada tahu dan tempe yang ditambahkan pada gado-gado. Semua bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan saus kacang.


2. Pecel



Sumber : Pergikuliner.com


Kuliner khas Indonesia lainnya yang merupakan campuran dari sayur-sayuran dan saus kacang adalah pecel. Kuliner ini disajikan dengan nasi, berbeda dengan gado-gado yang biasanya disajikan dengan lontong. Selain itu, apa perbedaan dari gado-gado dan pecel? Tak seperti gado-gado, varian sayuran hijaunya lebih banyak karena ditambahkan daun singkong, daun kemangi, dari ­bayam. Perbedaan lainnya terletak pada bumbu saus kacangnya karena ditambahkan dengan kencur dan daun jeruk sehingga aromanya lebih wangi.


3. Karedok



Sumber : Pergikuliner.com


Varian lainnya dari campuran sayur dan saus kacang adalah karedok. Kuliner yang berasal dari Jawa Barat ini menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya sehingga teksturnya jadi lebih garing. Sayur-sayuran yang digunakan untuk campuran karedok adalah kacang panjang, kubis, mentimun, daun kemangi, dan terong hijau. Untuk saus kacangnya cenderung lebih mirip dengan saus kacang gado-gado ketimbang pecel karena memang penjual gado-gado pasti selalu menyajikan varian menu karedok, begitupula sebaliknya.


4. Ketoprak



Sumber : Pergikuliner.com


Masih dengan saus kacang, tapi kali ini campuran sayurannya lebih sedikit. Ketoprak memang memiliki jumlah bahan sayuran yang lebih sedikit karena hanya menggunakan tauge saja. Tapi tentunya ada bahan tambahan lainnya seperti bihun dan tahu goreng yang kemudian disiram dengan saus kacang dengan bumbu rempah bawang putih, cabai merah, dan kecap manis. Nama ketoprak ini merupakan kepanjangan dari ketupat tauge yang digeprak.


5. Urap



Sumber : Pergikuliner.com


Kalau bosan dengan kuliner vegetarian yang disiram saus kacang, ini ada urap yang merupakan hidangan sayur-sayuran yang direbus lalu dicampur dengan kelapa parut yang sudah dibumbui dengan bawang putih, kencur, daun jeruk, cabai, gula jawa, dan garam. Kuliner khas Jawa ini menggunakan campuran sayuran seperti daun singkong, kangkung, bayam, tauge, kubis, dan kacang panjang. Urap sering dijadikan sebagai lauk pada nasi rames seperti nasi kuning hingga nasi campur Bali.


6. Gudeg



Sumber : jogja.tribunnews.com


Kalau kamu adalah vegetarian yang suka kuliner manis, bagaimana kalau mencoba gudeg. Gudeg merupakan kuliner yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, gula merah, sereh, lengkuas, salam, gula merah, dan garam. Bahan-bahan ini dimasak dalam jangka waktu yang cukup lama hingga berjam-jam sampai kuah menyurut dan nangka menjadi empuk. Gudeg yang merupakan kuliner khas Yogyakarta ini ada yang disajikan dalam bentuk kering dan basah.


7. Asinan



Sumber : arah.com


Suka kuliner yang segar-segar? Ada asinan yang merupakan kuliner vegetariannya masyarakat Indonesia. Asinan dikenal dalam dua jenis, yakni asinan sayur dan asinan buah. Untuk asinan sayur lebih identik dengan daerah Jakarta, sedangkan asinan buah identik dengan daerah Bogor. Untuk asinan buah terdiri dari aneka buah-buahan tropis seperti nanas, bengkoang, mangga muda, kedondong, dan pepaya muda yang direndam dalam kuah cuka asam pedas. Sedangkan untuk asinan sayur terdiri dari sawi yang sudah difermentasi, kubis, tauge, selada, dan tahu putih. Untuk asinan sayur biasanya disiram dengan kuah yang terbuat dari cuka, cabai, dan kacang tanah.


Enak-enak bukan kuliner vegetarian khas Indonesia di atas? Jadi kepengen icip? Mampir saja ke sini!

Aromanis

Foto Aromanis
Foto Aromanis
Foto Aromanis

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara

Gado - Gado Puri Kusti

Foto Gado - Gado Puri Kusti
Foto Gado - Gado Puri Kusti
Foto Gado - Gado Puri Kusti

Asinan Ny. Isye

Foto Asinan Ny. Isye

Rujak Kolam Medan

Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?