Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jalan-Jalan Ke Luar Negeri, Orang Indonesia Selalu Bawa Kuliner Ini Lho!

List Artikel
14 Januari 2018 | 0 Komentar

Selezat-lezatnya makanan yang ada di negeri orang lain, masih terasa enak kuliner dari negara sendiri. Meski kita berada di luar negeri, tetap saja kuliner tradisional yang selalu kita rindukan. Hal seperti ini sering sekali terjadi pada orang yang merantau dan tinggal di luar negeri. Berhubung tak mudah menemukan kuliner Indonesia di negeri orang, maka kebanyakan orang membawa kuliner khas Indonesia saat pergi ke luar negeri. Tentu saja kuliner yang dibawa adalah kuliner yang awet dan tidak mudah basi sehingga bisa disantap berhari-hari. Lalu kuliner apa saja yang sering dibawa orang Indonesia ke luar negeri? Yuk, lihat!

 

1. Sambal



Sumber : sambelmertua.com


Masyarakat Indonesia memang sangat suka menyantap makanan yang memiliki cita rasa pedas. Oleh karena itu, tak heran jika mereka suka menambahkan sambal dalam makanan yang mereka makan. Tak heran jika banyak orang Indonesia yang membawa sambal ke luar negeri. Sambal yang dibawa tentunya adalah sambal kemasan atau sambal matang yang bisa bertahan dalam waktu lama.

 

2. Mie Instan



Sumber : pergikuliner.com


Ada banyak jenis mie instan yang ada di dunia dan masing-masing negara memiliki mie instan khas tersendiri. Tapi entah mengapa, mie instan Indonesia memiliki cita rasa yang sangat khas sehingga membuat kita selalu dibuat kangen dengan rasanya. Ada beberapa merek mie instan Indonesia yang dijual dengan harga yang sangat mahal di luar negeri. Harganya bisa menjadi dua hingga tiga kali lipat. Jadi, daripada kamu membelinya dengan harga mahal di luar negeri, lebih baik membawanya dari negeri sendiri.

 

3. Abon



Sumber : growindo.com


Selain kedua kuliner di atas, ada abon yang menjadi kuliner khas Indonesia dengan masa kadaluarsa yang terbilang cukup lama karena abon memiliki tekstur yang kering sehingga tahan lama. Cita rasa abon juga sangat cocok untuk disantap bersama dengan nasi putih hangat. Abon memiliki nilai gizi yang sangat tinggi karena terbuat dari daging sapi, ayam, atau ikan yang dikeringkan lalu dimasak dengan aneka rempah-rempah sehingga tak heran jika aroma abon sangat wangi dan menggugah selera.

 

4. Rendang



Sumber : rendang


Rendang menjadi salah satu kuliner asal Sumatera Barat yang sudah diakui kelezatannya oleh dunia. Ada dua jenis rendang yang dikenal masyarakat Indonesia, yakni rendang basah dan rendang kering. Jenis rendang kering inilah yang sering dibawa oleh masyarakat Indonesia ke luar negeri karena lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan rendang basah. Rendang dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah sehingga aromanya sangat wangi dan citarasanya tak akan bisa terlupakan.

 

5. Kerupuk



Sumber: dapurngebut.com


Di urutan kelima ada kerupuk yang ternyata juga sering dibawa oleh orang Indonesia saat pergi ke luar negeri. Kerupuk Indonesia terdiri dari banyak ragam dan jenis, mulai dari kerupuk bawang, kerupuk udang, kerupuk ikan, dan masih banyak lagi. Kerupuk bisa dibawa dalam keadaan mentah dan matang. Kebanyakan orang Indonesia membawa kerupuk mentah dan nantinya mereka akan menggorengnya sendiri saat berada di luar negeri. Tekstur yang renyah dan suara kres kres dari kerupuk ternyata mampu menggugah nafsu makan seseorang.


Itu dia beberapa jenis makanan yang selalu di bawa orang Indonesia bila ke luar negeri. Beruntungnya kamu tidak perlu sulit mencari makanan-makanan tersebut di Indonesia. Apalagi sekarang sudah banyak inovasi makanan baru menggunakan bahan-bahan makanan seperti di atas. Mau tau dimana aja? Simak di bawah ini!

Warung Wakaka

Foto Warung Wakaka
Foto Warung Wakaka
Foto Warung Wakaka

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Asinan Kamboja H. Mansyur

Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur

Sam's Strawberry Corner

Foto Sam's Strawberry Corner

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?