Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jangan Ngaku Suka Makan Ayam Goreng Krispi, Kalau Belum Tahu Fakta Ini

List Artikel
2 Mei 2018 | 0 Komentar

Siapa yang tak suka ayam goreng? Ayam goreng merupakan makanan yang memiliki banyak sekali penggemar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Teksturnya yang renyah mampu menggugah selera siapa saja yang mencium aromanya. Ayam goreng pertama kali dikenal dalam bentuk ayam goreng krispi atau crispy fried chicken yang dibalut dengan tepung. Ketenaran ayam goreng krispi memang sudah mendunia. Kamu bahkan bisa menemukan makanan ini hampir di seluruh negara di dunia karena gerai franchise ayam goreng krispi tak terhitung lagi jumlahnya. Tapi tahukah kamu kalau ada beberapa fakta unik tentang ayam goreng krispi yang bisa mencengangkan kamu? Simak dulu yuk fakta-faktanya!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Bukan Berasal dari Amerika

Berbicara tentang ayam goreng krispi, pasti gerai franchise yang terbayang dalam pikiranmu adalah restoran cepat saji KFC yang berasal dari Amerika. Berkat gerai KFC inilah, ayam goreng krispi sangat identik dengan kuliner khas Amerika. Padahal aslinya kuliner ini berasal dari negara Skotlandia yang kemudian dibawa oleh imigran ke Amerika bagian selatan. Di Amerika, menu ini memang mengalami modifikasi.


2. Makanan Mewah

Pada abad ke-19, terjadi keterbatasan daging ayam di dunia sehingga kuliner ini menjadi sangat langka dan dijual dengan harga yang sangat mahal. Kuliner ayam goreng krispi pun hanya disajikan dalam acara-acara khusus seperti perayaan tertentu dan hari besar. Harga ayam goreng bahkan bisa mengalahkan harga daging sapi yang terbilang sudah cukup mahal. 


3. Mengandung Unsur Rasisme

Selama masa perbudakan berlangsung di Amerika, orang kulit hitam tidak boleh masuk atau datang ke restoran-restoran yang ada di negara tersebut. Hal ini mengakibatkan orang kulit hitam yang ingin makan ayam goreng krispi harus memelihara ayam sendiri dan membuat kuliner ini sendiri di rumah. Inilah mengapa ayam goreng krispi juga identik dengan kuliner rumahan khas orang kulit hitam.


4. Tak Semua Ayam Bisa Digoreng

Perlu kamu tahu kalau tak semua ayam bisa menghasilkan ayam goreng krispi yang enak. Hanya ayam-ayam masih berumur muda yang enak dijadikan ayam goreng krispi. Pasalnya, daging ayam muda lebih empuk dan lembut sehingga ketika digoreng renyah, daging yang ada di dalam tidak mudah alot. Jika menggunakan ayam yang berumur tua, maka proses menggorengnya harus lebih lama agar jadi lebih empuk.


Nah! Itu dia fakta-fakta tentang ayam goreng krispi yang perlu kamu tau. Sekarang, waktunya kamu cobain aneka ayam goreng di tempat-tempat ini yuk!

Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Foto Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Chir Chir

Foto Chir Chir
Foto Chir Chir
Foto Chir Chir

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Ayam Goreng Karawaci

Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci

Jeans Chili Chicken

Foto Jeans Chili Chicken
Foto Jeans Chili Chicken
Foto Jeans Chili Chicken

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?