Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jatuh Cinta Dengan Kopi? Kamu Bisa Ambil Profesi Ini!

List Artikel
21 Oktober 2018 | 0 Komentar

Keberadaan kopi di Indonesia sudah tidak bisa dianggap sebelah mata lagi. Kamu pastinya sudah tahu kalau beberapa tahun belakangan, minuman kopi seolah semakin berjaya hingga sekarang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kedai kopi yang menawarkan aneka racikan kopi yang tidak bisa kamu tolak kenikmatannya. Perkembangan kopi yang semakin pesat ini menciptakan peluang untuk membuka profesi-profesi baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh masyarakat Indonesia. Ingin tahu ada profesi apa saja yang terkait dengan kopi? Coba kamu lihat di bawah ini!

 

Pengusaha Kedai Kopi



Sumber : Aspenepic.org


Profesi pertama yang bisa sangat menyenangkan untuk para pecinta kopi adalah menjadi pengusaha kedai kopi. Pastinya untuk menjadi pengusaha kedai kopi ini membutuhkan dana yang tidak sedikit karena kamu butuh modal usaha untuk membangun kedai kopi. Tapi jika modal yang kamu miliki terbatas, kamu bisa membuka kedai kopi kecil-kecilan dengan memanfaatkan garasi atau halaman yang ada di rumahmu.


Barista



Sumber : Squarespace.com


Profesi yang kedua sudah pasti kamu kenal. Barista merupakan peracik minuman kopi. Nikmat atau tidaknya kopi yang akan disajikan kepada para pelanggan tergantung dari racikan kopi sang barista karena seorang barista haruslah memahami tentang komposisi, rasa, dan hal-hal penunjang kenikmatan kopi yang lainnya. Setiap tahunnya, selalu ada kompetisi barista atau Barista Competition, baik itu tingkat nasional maupun internasional.


Coffee Tester



Sumber : Bostonglobe.com


Selanjutnya ada coffee tester atau yang juga dijuluki dengan coffee cupper. Profesi ini memang tidak terlalu terkenal di Indonesia karena masih sedikit orang yang berprofesi sebagai coffee tester. Sesuai dengan namanya, profesi ini bertugas untuk menilai rasa kopi dengan cara yang objektif, mulai dari kualitas, karakteristik, hingga cita rasanya, apakah kopi tersebut layak dijual atau tidak. Untuk menjadi coffee tester ini, kamu harus memiliki lisensi. Di Indonesia, coffee tester yang sangat terkenal adalah Adi Taroepratjeka yang memiliki lisensi coffee tester kelas dunia.  


Coffee Roaster



Sumber : Coffeeam.com


Terakhir ada coffee roaster yang pekerjaannya sudah pasti meroasting biji kopi sehingga bisa menghasilkan biji kopi yang terbaik. Meski terlihat mudah, tapi profesi yang satu ini butuh keahlian dan ketelitian karena masing-masing biji kopi pasti punya karakteristik yang unik sehingga harus kamu pahami secara benar. Selain itu, kamu juga harus memahami lama waktu untuk meroasting biji kopi juga berbeda-beda tergantung jenisnya. Bisa dikatakan kalau dalam dunia kopi, coffee roaster ini merupakan "koki" yang bertugas sebelum kopi diedarkan dan diperjualbelikan secara umum.


Itu dia beberapa profesi yang bisa kamu coba kalau diri kamu merasa sebagai pecinta kopi sejati, supaya kamu bisa sekaligus menghasilkan sesuatu dari hobi kamu. Tapi sebelumnya pastikan dulu ya kalau kamu benar-benar punya taste yang bagus dalam menilai cita rasa kopi. Untuk itulah, kamu perlu mengasah lidah kamu di coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Koultoura Coffee

Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Sajiva Coffee Company

Foto Sajiva Coffee Company
Foto Sajiva Coffee Company

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?