Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jenis-jenis Mie dari Asia yang Paling Populer

List Artikel
5 Januari 2019 | 0 Komentar
Kamu termasuk penggemar mie? Nah, makanan yang satu ini pada awalnya ditemukan di China. Makanan ini dibuat dari adonan tepung yang kemudian dipotong-potong menjadi untaian-untaian panjang. Dalam perkembangannya, bentuk mie menjadi bervariasi, mulai dari lurus, keriting, serta tipis seperti benang. Mie termasuk salah satu makanan pokok selain nasi. Kalau nggak ada nasi, pasti larinya ke mie. Iya kan? Coba itung, udah berapa jenis mie yang pernah kamu coba? Kalau masih sedikit, sebaiknya kenali dulu yuk jenis-jenis mie dari beberapa negara di Asia dan cari tahu mana yang sesuai sama seleramu!

1. Ramen


Sumber : Pergikuliner.com

Meski berasal dari China, mie ramen lebih populer di Jepang. Mie berbahan tepung ini pada dasarnya sangat bervariasi, mulai dari tebal sampai tipis serta lurus sampai keriting. Ciri khas mie ramen terdapat pada cita rasa kuahnya. Mie ramen dijual dalam keadaan kering dan harus direbus dahulu untuk mendapatkan mie yang kenyal dan lembut saat dimakan.

2. Udon


Sumber : Pergikuliner.com

Udon merupakan mie khas Jepang yang tebal dan punya tekstur kenyal. Biasanya udon disajikan dengan kuah dan dilengkapi juga dengan potongan daging. Untuk mendapatkan mie udon yang segar, sebaiknya pilih udon yang dibekukan. Tapi tak jarang ada udon yang dijual dalam keadaan kering juga.

3. Soba


Sumber : Pergikuliner.com

Satu lagi mie yang berasal dari Jepang, soba. Soba biasanya dijual dalam keadaan kering dan mempunyai rasa seperti kacang serta teksturnya sedikit kenyal. Di Negeri Sakura, soba dijadikan hidangan saat malam tahun baru sebagai simbol panjang umur.

4. Naengmyeon


Sumber : Seriouseats.com

Disebut sebagai cold noodles, mie asal Korea ini disajikan dengan kuah dingin dan biasa dimakan saat cuaca panas. Mie ini dilengkapi pula dengan tambahan potongan timun, pear, telur, dan daging.

6. Bihun


Sumber : Pergikuliner.com

Kamu pasti sudah nggak asing lagi kan sama bihun? Bentuknya tipis dan berwarna putih. Selain banyak ditemukan di Indonesia, bihun juga menjadi masakan kuliner khas di Thailand dan Vietnam. Untuk menikmatinya, bihun harus direndam dulu dalam air panas agar mengembang barulah kemudian dimasak.

7. Bakmi


Sumber : Pergikuliner.com

Bakmi biasanya dijual dalam keadaan kering dan harus direbus terlebih dahulu untuk membuatnya kenyal. Olahan bakmi pun beragam, mulai dari bakmi goreng, bakmi Aceh, sampai bakmi kangkung. Mie jenis yang satu ini sangat populer di Indonesia.

8. Kwetiau


Sumber : Pergikuliner.com

Berbeda dengan bentuk mie pada umumnya, kwetiau mempunyai bentuk pipih dan lebar serta berwarna putih dan sedikit transparan. Kwetiau terbuat dari tepung beras sehingga teksturnya sangat kenyal. Kwetiau sudah menjadi salah satu kuliner khas Asia Tenggara dan banyak ditemukan di China, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Gimana? Jadi tahu kan jenis-jenis mie apa aja yang banyak beredar di Asia? Buat kamu yang belum cobain beberapa jenis mie yang udah disebutin di atas, cobain yuk mie-mie enak yang ada di restoran-restoran berikut ini!

Kwetiau Akang

Foto Kwetiau Akang
Foto Kwetiau Akang
Foto Kwetiau Akang

Bakmi Ayam Acang

Foto Bakmi Ayam Acang
Foto Bakmi Ayam Acang
Foto Bakmi Ayam Acang

RamenYA

Foto RamenYA
Foto RamenYA
Foto RamenYA

Tamoya Udon

Foto Tamoya Udon

Kokoro Tokyo Mazesoba

Foto Kokoro Tokyo Mazesoba
Foto Kokoro Tokyo Mazesoba
Foto Kokoro Tokyo Mazesoba

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?