Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jenis Teh yang Tepat Untuk Sembuhkan Diare

List Artikel
22 Oktober 2018 | 0 Komentar
Meski sudah memasuki bulan hujan namun sepertinya Indonesia masih mengalami musim kemarau yang berkepanjangan. Kemarau yang panjang ini menyebabkan kotoran dan debu kian menumpuk dan bertebaran terbawa angin. Tanpa disadari juga debu-debu yang terbawa angin tersebut akan menempel pada makanan dan minuman yang hendak kita konsumsi. Nggak hanya itu, lalat pembawa kuman penyakit pun turut berkontribusi dalam menyebarkan ancaman bagi manusia. Jika kita nggak pandai dalam memilih makanan yang bersih, maka penyakit seperti diare biasanya akan mengintai. Sementara itu dehidrasi yang disebabkan oleh diare akan memperburuk kondisi, di mana tubuh akan menjadi lemas dan nafsu makan pun berkurang. Sementara itu, penderita harus tetap memperoleh asupan cairan agar dehidrasi tersebut tidak semakin memburuk. Dan seperti yang telah kita tahu, teh merupakan minuman yang sangat efektif untuk menghidrasi tubuh. Selain itu beberapa jenis teh herbal tertentu ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan diare lho. Penasaran kan? Simak yuk jenis-jenis teh tersebut!

1. Teh Chamomile


Sumber : PergiKuliner.com

Teh Chamomile dianggap sebagai salah satu teh terbaik untuk mengobati diare. Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan usus dan juga memiliki sifat antispasmodic yang juga membantu menghilangkan rasa sakit perut.

2. Teh Adas



Sumber : Boldsky.com

Teh Adas dikenal memiliki sifat antioksidan, pencernaan, karminatif dan dapat melawan patogen di perut. Adas dapat membantu mengobati diare, perut kembung dan memperkuat sistem kekebalan Anda. Kehadiran mineral seperti potasium dalam biji adas membantu mengatur kadar elektrolit dan mencegah ketidaknyamanan akibat dehidrasi

3. Teh Hijau

Sumber : PergiKuliner.com

Teh hijau mengandung tanin yang bekerja sebagai astringen di selaput lendir usus. Ini membantu tubuh untuk menyerap cairan dan menenangkan radang usus. Minum teh hijau di sebaiknya di siang hari untuk mengurangi efek samping pencernaan kafein. Untuk mengatasi diare, Anda dapat mengonsumsi dua cangkir teh hijau setiap hari.

4. Teh Thyme

Sumber : Livestrongcdn.com

Teh thyme dianggap sebagai salah satu obat herbal alternatif untuk penyakit yang mempengaruhi sistem pencernaan. Thyme memiliki sifat menenangkan dan anti mikroba yang membantu menjaga gerakan usus dan proses pencernaan yang stabil.

5. Teh Kayu Manis



Sumber : Tstatic.net

Teh kayu manis adalah herbal lain untuk menyembuhkan diare. Kayu manis memiliki sifat obat dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengontrol gerakan usus dan tidak mengiritasi lapisannya, sehingga mampu menenangkan perut. Kayu manis juga merupakan karminatif, yang membantu meringankan gas usus dan secara tradisional telah digunakan untuk mengobati diare.

6. Teh Peppermint



Sumber : Analisadaily.com

Teh peppermint paling sering disebut sebagai penyembuh perut karena dikenal untuk menenangkan banyak penyakit perut termasuk diare dan perut kembung dan memperlancar pencernaan. Selain itu, pepermint juga mampu menyeimbangkan flora bakteri dan menurunkan produksi jus asam.

7. Teh Jahe



Sumber : Brilio.net

Jahe ternyata memiliki sifat analgesik, anti bakteri dan anti-inflamasi yang membantu penyembuhan penyakit perut. Bumbu masakan ini dapat menghangatkan perut, dan merupakan tonik yang hebat untuk sistem pencernaan. Minum teh jahe akan menghidrasi tubuh dan mengisi kembali cairan yang hilang selama diare.

Nah, jadi itu dia jenis jahe yang bisa kamu gunakan untuk mengobati diare. Sekarang kamu sudah tahu kan? Buat kamu yang mau sekedar minum teh saja, kamu juga bisa lho datang ke beberapa tempat berikut ini ya!

Peacock Lounge - Fairmont Jakarta

Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta
Foto Peacock Lounge - Fairmont Jakarta

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Daily Treats - The Westin Jakarta

Foto Daily Treats - The Westin Jakarta

63 Teh Enam Tiga

Foto 63 Teh Enam Tiga

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?