Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ke Cafe Buat Sekadar Foto, Inikah Tren Anak Muda Masa Kini?

List Artikel
9 Juli 2019 | 0 Komentar
Sebenarnya apa tujuan kita datang ke cafe? Kalau kalimat ini ditanyakan di jaman dahulu, setidaknya pada jaman saya masih berseragam putih abu-abu, mungkin saya akan memberi jawaban "ya buat makan dan minum". Pada masa jadul itu saya merasa cafe lebih terkesan mewah ketimbang restoran, yang tertanam di pikiran saya adalah harga menu-menu yang disajikan oleh cafe pastinya lebih mahal daripada tempat-tempat makan pada umumnya, khususnya untuk harga minuman. Pada masa itu saya merasa pengunjung cafe yang kebanyakan orang dewasa, berpakaian rapi, bawa laptop, adalah orang yang memang betul-betul punya misi tertentu di cafe tersebut, contohnya untuk mengerjakan tugas kantor, untuk bisnis, untuk meeting, tak ada alasan lain.


Sumber : Pergikuliner.com

Namun seiring bergesernya waktu, persepsi saya akan hal itu semakin pudar. Yang terlihat oleh mata saya kini, pengunjung cafe bukanlah hanya kalangan dewasa yang seperti itu lagi. Anehnya semakin banyak anak-anak usia muda dengan pakaian semodis mungkin, dengan gadget kekinian di tangan, terkadang ditambah dengan amunisi kamera mumpuni yang mungkin akan membuat generasi oma-oma berpikir "mau makan dan minum kok sampai bawa-bawa kamera?". 

Tetapi memang itulah yang terjadi. Seiring dengan semakin populernya dunia media sosial seperti Instagram, seakan-akan menyihir siapapun penggunanya untuk menganut gaya hidup "pamer". Bukan dalam artian jelek, namun memang seperti itu bukan fungsi media sosial? Untuk menyiarkan segala sesuatu ke siapapun yang berkunjung ke account kita. Faktanya tak ada satupun pengguna Instagram yang ingin menampilkan foto jelek. Bahkan media sosial tersebut membuat kita mengenal istilah OOTD (Outfit of The Day) yang isinya adalah foto tentang apa yang kita pakai di hari itu dan tentu saja dengan latar atau background yang cantik sehingga likes-nya banyak.


Sumber : Pergikuliner.com

Dan cafe adalah salah satu prasarana oke bagi tipe orang macam ini, yang mungkin terlalu malas dan tak cukup budget untuk mencari tempat berlibur dengan pemandangan yang instagramable. Pemilik cafe memanfaatkan kondisi pasar yang "butuh" tempat oke untuk sekadar foto, atau kasarnya untuk dipamerkan di dalam media sosial mereka masing-masing. Dan hasilnya seperti yang bisa kita lihat, begitu banyak cafe-cafe cantik dengan desain interior maupun eksterior yang keren yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda yang haus akan spot foto cantik untuk media sosial mereka. Mereka tinggal berdandan secantik dan setampan mungkin, pilih pakaian yang oke, pesan beberapa menu minuman di cafe tersebut, lalu tinggal bergaya di beberapa sudut cafe untuk mendapatkan foto yang cantik. Kalau sudah begini, enak tidaknya rasa dari menu cafe bukanlah lagi menjadi hal yang krusial bagi mereka. Selama cafe tersebut instagramable dan bagus, punya menu makanan maupun minuman yang tampilannya canti, pasti para anak muda akan otomatis terpanggil untuk mengunjunginya.

Jadi, sebenarnya apa tujuan kita ke cafe? Kalau kalimat ini dipertanyakan kepada saya saat ini, saya akan mengatakan "ya buat nongkrong, buat ngopi, dan buat foto-foto cantik". Hmm, jawaban yang terakhir tidak ada salahnya bukan?

Nah, bagi kamu yang juga menganut paham ke cafe untuk sekadar hunting foto, berikut ini ada beberapa referensi cafe yang instagramable dan cantik buat kamu. Intip yuk!

The Garden

Foto The Garden
Foto The Garden
Foto The Garden

Ottoman's Coffee Brewers

Foto Ottoman's Coffee Brewers
Foto Ottoman's Coffee Brewers
Foto Ottoman's Coffee Brewers

Onni House

Foto Onni House
Foto Onni House
Foto Onni House

Phos Coffee & Eatery

Foto Phos Coffee & Eatery
Foto Phos Coffee & Eatery
Foto Phos Coffee & Eatery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?