Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kebiasaan Unik Orang Perancis Saat Makan, Coba Intip Yuk!

List Artikel
5 April 2019 | 0 Komentar
Perancis dikenal sebagai kota romantis yang identik dengan menara Eiffelnya. Di dunia kuliner, Perancis justru dikenal akan sajian dessertnya yang cantik dan menawan. Kita bisa menemukan dengan mudah aneka sajian dessert cantik yang dijual di pinggir jalanan kota-kota yang ada di Perancis. Selain sajian dessert, kuliner Perancis juga tak kalah terkenalnya. Gastronomi Perancis bahkan ditetapkan sebagai warisan budaya non benda oleh UNESCO pada tahun 2010. Tapi tahukah kamu, di balik terkenalnya kuliner Perancis, ternyata orang Perancis punya kebiasaan yang unik saat makan, yaitu:


 Sumber : Pergikuliner.com


1. Harus Selalu Ada Keju
Kebiasaan unik orang Perancis saat makan yang pertama ada harus adanya keju pada setiap jamuan makan. Dalam tradisi makan Perancis ada lima sesi makan yakni minum wine sebagai pembuka, appetizer, main course, keju dan dessert. Jadi menyantap keju sudah menjadi tradisi yang wajib dilakukan orang Perancis. Perancis memiliki lebih dari 20 jenis keju dengan bentuk dan aroma yang berbeda sehingga mereka tidak akan merasa bosan menyantapnya.

2. Tidak Pernah Memadukan Keju dan Cokelat
Lain halnya dengan orang Indonesia yang sering memadukan keju dengan cokelat, baik itu saat membuat roti panggang, martabak, pisang bakar, hingga dessert lainnya. Tapi bagi orang Perancis, perpaduan keju dengan cokelat terdengar dan terasa aneh bagi mereka. Alasannya adalah aroma keju di Perancis sangat kuat dan berbeda dengan keju Indonesia sehingga kurang cocok jika dikombinasikan dengan cokelat.

3.
Setiap Makanan Ada Pasangan Winenya
Salah satu ciri dari jamuan makan Perancis adalah selalu ada minumen wine. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, wine juga masuk dalam sesi tradisi makan orang Perancis. Berhubung sudah menjadi tradisi, maka setiap makanan khas Perancis punya pasangan wine yang cocok. Jadi kamu tidak bisa sembarangan memasangkan makanan Perancis dengan wine. Misalkan saja untuk kuliner olahan ikan maka cocoknya dipadukan dengan wine putih, kuliner olahan daging dengan wine merah dan lain sebagainya.

4. Sesi Makan Belum Selesai Jika Belum Makan Dessert
Berbeda dengan orang Italia yang mengakhiri sajian makan mereka minum kopi, orang Perancis baru akan mengakhiri sesi makan mereka jika sudah menyantap dessert. Seperti yang kamu ketahui kalau Perancis terkenal akan dessertnya. Jadi sebenarnya wajar saja kalau dessert menjadi kuliner wajib yang akan menutup sajian makan. Tapi setelah makan dessert ini, mereka benar-benar tidak akan menyantap makanan lagi meskipun sudah ditawari cemilan atau snack lain.

5. Sesi Makan Berlangsung Kurang Lebih 1 Jam
Berhubung sesi makan orang Perancis terdiri dari lima tahapan, maka sudah pasti akan berlangsung lama. Apalagi di setiap tahapan tersebut, selalu ada jeda yang cukup lama dan akan diselingi dengan berbincang-bincang. Tapi kamu tidak akan menyangka buka kalau ternyata sesi makan mereka bisa berlangsung kurang lebih 1 jam. Jadi jangan heran kalau ketika sesi makan, orang Perancis cenderung santai karena mereka ingin menikmati santapan sambil mengobrol.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kebiasaan unik orang Perancis saat makan? Sangat beda ya dengan kebiasaan makan orang Indonesa. Nah, untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa coba santap aneka sajian makanan Perancis di beberapa restoran di bawah ini yuk!

Le Quartier

Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier

Branche Bistro

Foto Branche Bistro
Foto Branche Bistro
Foto Branche Bistro

Avec Moi

Foto Avec Moi
Foto Avec Moi
Foto Avec Moi

Komunal 88

Foto Komunal 88
Foto Komunal 88
Foto Komunal 88

Bistro Baron

Foto Bistro Baron
Foto Bistro Baron
Foto Bistro Baron

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?