Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Keju Cheddar Putih vs Kuning, Apa Bedanya?

List Artikel
19 Desember 2019 | 0 Komentar

Keju menjadi salah satu bahan makanan yang banyak digunakan pada campuran kuliner barat. Keju memiliki citarasa gurih asin yang membuat siapa saja ketagihan sehingga bisa membuat citarasa makanan menjadi lebih lezat. Beberapa kuliner yang cocok diberi campuran keju cheddar adalah roti bakar, pisang bakar, makaroni schotel, hingga aneka olahan cake dan pastry. Keju punya banyak jenisnya dan yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah jenis keju cheddar. Keju cheddar bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia karena harganya lebih murah dijangkau jika dibandingkan jenis keju lainnya seperti keju mozarella, keju parmesan, hingga keju edam.



 Sumber : Supervalu.ie


Keju cheddar pertama kali ditemukan pada tahun 1170-an dan resepnya pertama kali konon dibuat oleh masyarakat Romawi yang pergi ke Inggris sehingga jenis keju ini lebih terkenal sebagai keju asal Inggris. Keju cheddar dihasilkan dari susu sapi yang dicampurkan dengan rennet atau bahan yang membuat tekstur keju menjadi lengket lalu dipanaskan dan dadih yang disebabkan oleh rennet akan diremas dengan garam. Kemudian keju cheddar dipotong-potong menjadi kubus dan ditumpuk serta diputar sebelum akhirnya dicetak dan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Di pasaran, keju cheddar ini ternyata bisa dijumpai dalam dua warna, yakni putih dan kuning. Sebenarnya keju cheddar putih dengan keju cheddar kuning sama tidak?



Sumber : Akamaized.net

 

Keju cheddar sebenarnya memiliki warna asli putih. Lantas kenapa ada keju cheddar kuning? Keju cheddar kuning ini dihasilkan dari campuran bahan pewarna alami dari annatto yang merupakan bubur kertas yang mengelilingi pulp pohon achiote. Annatto yang dicampurkan pada keju cheddar bisa membuat warnanya menjadi kekuningan. Selain menggunakan annatto, keju cheddar juga kerap kali dicampur dengan minyak paprika untuk mendapatkan warna kuning cerah yang diinginkan. Lantas apa citarasa keju cheddar kuning dengan keju cheddar putih berbeda? Tentu saja tidak. Cita rasa keduanya ini sama saja.


 

Sumber : Vpr.com


Perlu kamu ketahui kalau annatto yang ditambahkan pada keju cheddar ini tidak akan mengubah cita rasa, tetapi hanya mengubah warnanya saja menjadi kekuningan. Jika dilihat dari teksturnya, keju cheddar kuning terlihat lebih padat dibanding dengan keju cheddar putih. Hal ini sebenarnya dipengaruhi dari lama penyimpanan keju cheddar tersebut. Bisa saja keju cheddar putih memiliki tekstur yang lebih padat dibanding keju cheddar kuning. Semakin lama keju cheddar disimpan, maka semakin padat teksturnya. Jadi bukan berarti beda warna, maka beda pula teksturnya. Keju cheddar putih lebih banyak dijumpai di negara-negara Eropa sedangkan keju cheddar kuning banyak dijumpai di negara-negara Amerika. Sementara di Indonesia sendiri, keju cheddar lebih banyak yang berwarna putih dibanding kuning.

 

Jadi selain perbedaan warnanya, keju cheddar kuning dengan keju cheddar putih tidak memiliki perbedaan lainnya ya Teman PergiKuliner. Semoga info di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu. Jika ingin mencicipi aneka menu makanan yang memiliki unsur keju, kamu bisa coba di salah satu restoran di bawah ini lho ya! 

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Geprek Bensu

Foto Geprek Bensu
Foto Geprek Bensu
Foto Geprek Bensu

Pizza Mangkok

Foto Pizza Mangkok
Foto Pizza Mangkok
Foto Pizza Mangkok

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?