Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan Bajamba, Tradisi Makan Bersama Masyarakat Minang

List Artikel
31 Oktober 2019 | 0 Komentar

Indonesia memang sangat kental dengan aneka ragam budayanya. Berhubung ada banyak suku dan daerah di dalamnya, maka kebudayaan yang dimiliki jadi sangat melimpah. Ibaratnya, masing-masing suku dan daerah memiliki tradisi kebudayaannya masing-masing. Inilah yang menjadi salah satu faktor menarik dari Indonesia. Salah satu tradisi kebudayaan yang kali ini akan dibahas oleh PergiKuliner adalah tradisi bajamba. Selama ini kita selalu mengenal masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang gemar berkumpul, terutama pada saat makan. Bajamba ini merupakan tradisi makan bersama yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Jadi nantinya kita akan duduk bersama-sama dalam satu ruangan atau tempat lalu akan ada makanan yang tersaji dan kita akan menyantap makanan tersebut bersama-sama.

 


Sumber : Pesona.travel


Bajamba berasal dari kata ‘ba’ yang artinya bersama dan ‘jamba’ yang artinya dulang atau wadah. Jadi bisa dikatakan kalau arti keseluruhannya adalah makan bersama dalam satu wadah. Tradisi bajamba ini sudah lama ada alias sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Tradisi makan ini dimaksudkan agar semua masyarakat bisa berbaur menjadi satu, tidak peduli apa status sosialnya. Biasanya bajamba bisa kamu temui dalam acara adat, pernikahan, hingga hari-hari besar keagamaan. Tidak seperti tradisi liwet yang membentangkan makanan secara vertikal lurus, bajamba ini dilakukan dengan berkelompok. Jadi nantinya akan ada 3-7 orang yang berkelompok dalam satu dulang yang di dalamnya sudah terdapat tumpukan nasi dan beragam lauk pauk layaknya yang kita lihat di restoran Padang.



 Sumber : Phinemo.com


Untuk lauk pauk yang disajikan pada bajamba ini sangatlah bervariasi. Tapi di beberapa daerah ada sajian menu khasnya. Misalkan saja di daerah Koto Gadang biasanya selalu menyajikan itiak lado mudo. Sementara di daerah Tanah Datar ada gulai rebung. Tapi rata-rata semuanya selalu menyajikan menu wajib yakni rendang yang menjadi ciri khas kuliner Minang. Rendang yang disajikan bisa berupa rendang daging, ayam, telur, hingga sayuran. Dalam satu dulang akan ada sekitar 5 lauk yang disajikan. Untuk menu rendang ini terbagi menjadi dua bagian, yakni rendang yang ada pada dulang dan rendang yang menjadi menu istimewa bernama kapalo samba. Kapalo samba ini adalah rendang daging berukuran sangat besar. Besarnya bisa mencapai satu kilogram utuh tanpa dipotong-potong. Kapalo samba ini tidak boleh disantap oleh tamu undangan, melainkan hanya dijadikan sebagai pajangan saja. Kapalo samba hanya boleh disantap oleh sang tuan rumah atau yang mengadakan bajamba.



 Sumber : Kuntumchaira.wordpress.com


Ada lagi nih yang unik dari bajamba, yakni beberapa peraturan yang wajib kamu lakukan saat mengikutinya. Sebelum proses makan dimulai akan ada tradisi petatah petitih yakni tradisi berbalas pantun dengan bahasa Minang. Nantinya tuan rumah akan berbalas pantun dengan perwakilan dari para tamu yang datang. Setelah petatah petitih tersebut dilakukan, barulah makanan disajikan untuk disantap. Ketika proses makan berlangsung, kamu harus menjaga sopan santun, terutama pada orang yang lebih tua. Posisi duduk harus tegap, tidak boleh condong ke depan. Saat makan dengan tangan kanan, kamu harus menadanginya dengan tangan kiri untuk mencegah nasi tercecer ke bawah. Makan pun harus tenang dan dilarang rebutan. Makanan yang ada pada dulang harus dihabiskan hingga habis. Setelah selesai makan, maka tamu undangan akan melakukan petatah petitih lagi dengan tuan rumah sambil berpamitan dan berterima kasih atas jamuan makannya.

 

Bagaimana teman PergiKuliner? Setelah membaca dan mengenali tradisi bajamba di atas, apakah kamu ingin coba ikutan merasakannya?

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Sari Indah

Foto Sari Indah
Foto Sari Indah
Foto Sari Indah

Padang Express

Foto Padang Express
Foto Padang Express
Foto Padang Express

RM Bopet Mini

Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?