Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan Banoffee, Dessert Viral yang Rasanya Bikin Meleleh

List Artikel
16 Februari 2020 | 0 Komentar

Dessert atau makanan penutup adalah hidangan yang disajikan setelah makan besar sebagai penutup dari acara makan tersebut. Umumnya dessert memiliki cita rasa manis. Kenapa bisa demikian? Dessert memang sengaja dibuat dari kuliner bercita rasa manis. Hal ini dikarenakan makanan manis bisa membuat kamu cepat kenyang sehingga tak menginginkan tambahan makanan lainnya. Oleh karena itu julukannya adalah makanan penutup. Menurutmu, saat ini dessert apa yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia? Selain banana nugget, ada olahan pisang asal Inggris bernama banoffee yang sekarang sedang banyak dicari. Bannoffee adalah satu dessert yang berasal dari Inggris yang punya cita rasa manis legit dengan tekstur lembut dan aroma wangi yang menggoda.



Sumber : Cleobuttera.com


1. Asal Usul Banoffee

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banoffee merupakan salah satu dessert khas Inggris. Kata banoffee berasal dari campuran dua kata yakni banana dan toffee. Banana sendiri merupakan pisang, sedangkan toffee adalah saus karamel. Banoffee ini diketahui sudah ada sejak lama yakni sekitar tahun 1971. Hidangan pencuci mulut ini dipopulerkan oleh Nigel Mackenzie dan Ian Dowding yang merupakan pemilik restoran The Hungry Monk di Jevington, East Sussex, Inggris. Sejak restoran tersebut menyediakan kenu banoffee, orang-orang pun menjadi sangat tertarik untuk mencicipnya karena cita rasanya yang manis dan legit.

 

2. Bahan Dasar Banoffee

Untuk bahan dasar yang digunakan sudah pasti pisang dan toffee. Selain itu, ada biskuit, mentega, whipped cream, vanilli, dan cokelat parut. Untuk cara membuatnya sebenarnya sangatlah mudah. Tapi pertama-tama kamu harus membuat toffeenya terlebih dahulu. Toffee dibuat dari bahan dasar brown sugar (bisa diganti dengan gula pasir), mentega, dan susu yang dimasak hingga adonan mengental seperti karamel. Jika sudah mengental, kamu bisa menyisihkan adonan toffee. Setelah itu, tinggal menyusun saja biskuit yang sudah dihancurkan pada bagian bawah, toffee, kemudian pisang yang sudah dipotong-potong, lalu beri whipped cream, vanili dan taburan cokelat parut. Setelah semua bahan ditata di atas loyang, kamu harus memasukkannya terlebih dahulu dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam agar adonannya mengesat dan padat.

 

3. Aneka Olahan Lezat dari Banoffee

Banoffee ini ternyata memiliki banyam varian yang merupakan hasil olahan inovasinya. Untuk olahan banoffee yang terkenal adalah pie banoffee yang pada bagian bawah lapisannya terbuat dari mangkuk pie, lalu ada cake banoffee yang memang dimasak dengan cara dipanggang sehingga aromanya lebih wangi, lalu ada juga cupcake banoffee. Di Indonesia sendiri, banoffee lebih sering kita jumpai dalam bentuk dessert box yang dijual secara online. Dessert box banoffee dikemas dalam bentuk kotak cup yang transparan sehingga lapisannya terlihat cantik dari luar. Selain itu, kamu bisa mudah menyantapnya di mana saja.

 

Sekarang kamu sudah mengenal banoffee bukan? Jika kamu kepengen menyantap aneka kue dan cemilan manis serta lezat lainnya bisa mampir ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

MOREAU Chocolatier's Cafe

Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?