Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan Cheese Fondue yang Cara Makannya Unik Banget

List Artikel
23 Maret 2020 | 0 Komentar

Suka kuliner yang gurih asin? Pastinya kamu sering menyantap keju nih. Keju memang dikenal sebagai makanan dengan cita rasa gurih dan asin. Salah satu olahan keju yang terkenal di dunia adalah cheese fondue. Cheese fondue adalah olahan keju asal Swiss yang cara menyantapnya terbilang cukup unik karena cara menyantapnya adalah mencocol roti dengan keju yang sudah dilelehkan di atas panci. Jenis keju yang digunakan adalah keju gruyere atau emmental. Tapi sekarang ada banyak jenis keju yang bisa digunakan. Sensasi menyantap lelehan keju dengan roti pastinya akan berbeda. Meski asalnya dari Swiss, tapi penamaan fondue ini bukanlah dari Swiss, melainkan Perancis. Nama fondue berasal dari bahasa Perancis fondre yang artinya melelehkan.



Sumber : Detik.net.id


Menurut sejarah, cheese fondue ini konon katanya sudah ada sejak zaman abad ke-18 di Neuchatel, salah satu daerah yang ada di Swiss. Neuchatel ini termasuk dalam kategori pedesaan dan letaknya terbilang jauh dari perkotaan. Pada saat musim dingin yang panjang, masyarakatnya tidak bisa keluar jauh hingga ke perkotaan sehingga kesulitan untuk mencari atau membeli bahan makanan. Akibatnya, mereka terpaksa menyantap apa yang ada di rumah. Pada masa itu, keju dan roti menjadi bahan makanan yang selalu ada di setiap rumah masyarakat setempat. Tapi berhubung sedang musim dingin, maka keju dan roti mereka mengeras. Agar bisa dimakan, maka keju dipanaskan lalu agar roti yang keras bisa dimakan, mereka pun mencelupkannya dalam keju leleh.



Sumber : Tarladalal.com


Berhubung kondisi ekonomi di negara tersebut sedang tidak baik, maka masyarakatnya menyantap cheese fondue dalam wadah panci besar dan disantap beramai-ramai. Selain bisa sambil menghangatkan badan karena menyantapnya dengan api yang masih menyala, cheese fondue juga bisa mempererat hubungan antar sesama. Cheese fondue memang tergolong dalam makanan cemilan, tapi ternyata ada etiket khusus jika kamu ingin menyantapnya loh. Ketika kamu menyantapnya, sebaiknya garpu atau alat untuk mencelupkan roti tidak terkena bibirmu saat kamu menyantapnya. Lalu satu hal lagi adalah roti yang sudah digigit tidak boleh lagi dicelupkan ke dalam lelehan keju. Tentu saja etiket-etiket ini dilakukan untuk menjaga kebersihan agar makanan yang disantap beramai-ramai ini tetap higienis.




Sumber : Amazonaws.com


Saat ini terdapat banyak sekali jenis fondue, selain cheese fondue karena bukan di Swiss saja kamu bisa menemukannya. Beberapa negara Eropa serta Asia juga punya cheese fondue ala mereka masing-masing. Salah satunya adalah Jepang yang memiliki kaldu fondue yang biasanya dibuat dari campuran kaldu ayam atau daging. Selain itu ada chocolate fondue, baccuss fondue yang terbuat dari campuran anggur, hingga burgundia fondue yang merupakan fondue minyak.

 

Sekarang kamu sudah kenalan kan dengan cheese fondue ini? Jika ingin menikmati kuliner yang berbau-bau keju, kamu bisa langsung datang aja ke sini ya!

Kim's K-Food

Foto Kim's K-Food
Foto Kim's K-Food

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Pizza Mangkok

Foto Pizza Mangkok
Foto Pizza Mangkok
Foto Pizza Mangkok

Rice & Cheese

Foto Rice & Cheese
Foto Rice & Cheese
Foto Rice & Cheese

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?