Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan Egg Coffee yang Jadi Minuman Kopi Khas Vietnam

List Artikel
21 November 2019 | 0 Komentar

Vietnam menjadi salah satu negara di Asia yang terkenal akan kopi. Mendengar nama kopi Vietnam, apa yang terlintas dalam pikiranmu? Pastinya sebagian besar orang akan mengingat Vietnam drip coffee alias kopi drip Vietnam. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada jenis kopi Vietnam lain yang tak kalah enaknya dari kopi drip Vietnam?  Egg coffee atau yang lebih dikenal dengan nama kopi telur merupakan minuman khas tradisional Vietnam yang dibuat dari campuran kopi, telur, gula, dan susu kental manis. Mungkin penggunaan telur dalam kopi masih terasa asing di telinga serta lidahmu sehingga menjadikan kopi ini termasuk dalam golongan jenis kopi unik asal Vietnam. Di negara asalnya, kopi telur ini dijuluki dengan nama cha phe trung.



Sumber : Longandshort.london


Menurut sejarahnya, egg coffee sebenarnya sudah ada sejak tahun 1946, yang pada masa itu sedang terjadi Perang Perancis di Vietnam. Kala itu, Vietnam sedang mengalami krisis susu. Padahal kopi tradisional Vietnam selalu dibuat dengan campuran susu di dalamnya, Untuk menyikapi hal ini, seorang pemilik kedai kopi Cafe Giang di Hanoi bernama Nguyen Giang bereksperimen untuk mencari pengganti susu dalam sajian kopinya dan dipilihkan telur. Bagian telur yang digunakan hanyalah kuningnya saja karena bagian inilah yang memiliki tekstur creamy seperti susu.



Sumber : Pinimg.com


Kuning telur yang dimasukkan dalam kopi bukanlah kuning telur asal. Kamu harus mengocoknya terlebih dulu hingga berbusa dan berwarna kuning pucat. Untuk cara penyajiannya ini juga tergolong unik karena disajikan dalam gelas yang diletakkan di atas mangkok berisi air panas. Hal ini ditujukan agar suhu kopi tetap terjaga hangat dan membuat kuning telur tidak mudah menggumpal. Egg coffee disajikan dengan cara menuang kopinya terlebih dahulu dalam cangkir lalu di atasnya diberikan kocokan kuning telur yang sudah dicampur dengan gula dan susu kental manis. Pada bagian atasnya bisa diberi tambahan bubuk kayu manis sehingga membuat aromanya jadi lebih wangi. Selain bubuk kayu manis juga ada yang menambahkan taburan cokelat bubuk di atasnya.



Sumber : Afternoonfoodtours.com 


Anehnya, meski menggunakan campuran kuning telur di dalamnya, tapi kopi ini sama sekali tidak berbau amis. Cita rasanya justru manis dan gurih dengan tekstur yang sangat creamy dan lembut saat kamu seruput. Tentunya sebelum meminum egg coffee ini, kamu wajib mengaduknya hingga rata terlebih dahulu supaya cairan kopi bisa bercampur rata dengan adonan kuning telur yang sudah dikocok.

 

Di Indonesia sendiri, egg coffee masih jarang ditemukan karena memang belum begitu populer. Tapi kamu bisa menemukannya di restoran Vietnam tentunya. Jika kamu menemukan egg coffee dalam daftar menu, apakah kamu ingin mencobanya langsung untuk mengetahui bagaimana cita rasanya? 

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?