Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan dengan Klapertart, Kue Khas Manado untuk Natalan

List Artikel
21 Desember 2022 | 0 Komentar
Pernah menyantap klapertart? Dessert yang satu ini dikenal sebagai kue khas Manado yang menjadi kuliner wajib ketika perayaan Natal. Klapertart terbuat dari bahan dasar utama daging kelapa, tepung terigu, susu, gula, mentega dan telur. Semua bahan adonan dicampur hingga rata kemudian dipanggang atau dikukus hingga matang kemudian didinginkan di dalam kulkas. Berhubung bisa disimpan dalam kulkas, biasanya klapertart bisa tahan hingga 3 hari. Bentuknya sangat beragam karena menggunakan wadah alumunium foil atau pyrex yang berbentuk kotak atau bulat.

 Sumber: Summerblossomside.wordpress.com


Tekstur dari klapertart ini sangat lembut dan lumer di mulut sehingga sangat cocok disantap oleh semua golongan usia. Jika ingin teksturnya lebih agak padat, kebanyakan orang akan menambahkan campuran roti tawar di dalamnya sehingga tidak mudah hancur ketika dipotong-potong. Untuk cita rasanya sendiri, berhubung ada campuran kelapa di dalamnya, sudah pasti kue ini memiliki rasa gurih yang bercampur dengan rasa manis. Klapertart memiliki aroma yang wangi karena pada bagian atasnya diberi taburan kayu manis bubuk, kacang almond sangrai dan kismis.

Sumber: Resephariini.com

Seperti yang sudah dikatakan di atas, klapertart menjadi kue wajib saat perayaan Natal di Manado. Sebenarnya kenapa klapertart selalu muncul pada saat perayaan Natal? Ternyata hal ini dikarenakan tampilan bagian atas klapertart berwarna putih sehingga sering disamakan dengan salju yang ada pada saat perayaan Natal di negara-negara Eropa karena pada dasarnya klapertart ini bukanlah asli berasal dari Manado, melainkan dari negara Belanda. Pada saat penjajahan Belanda, orang-orang Belanda yang ada di Manado selalu menyantap klapertart ketika sedang merayakan Natal. Siapa sangka kalau hingga sekarang tradisi ini menjadi tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Manado.
 
Sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana klapertart ini bisa dikatakan sebagai kue khas Natal di Manado? Nah, selain klapertart ada juga lho aneka kue lainnya yang bisa kamu santap di hari Natal. Simak rekomendasinya di bawah ini ya!

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Union Deli

Foto Union Deli
Foto Union Deli
Foto Union Deli

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Nas-Tar by Ritz

Foto Nas-Tar by Ritz
Foto Nas-Tar by Ritz
Foto Nas-Tar by Ritz

Sophie Authentique

Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique
Foto Sophie Authentique

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?