Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan Dengan Roti Sourdough yang Menyehatkan Yuk!

List Artikel
17 Februari 2021 | 0 Komentar

Roti bagi masyarakat Indonesia bukanlah kuliner yang asing lagi. Meski berasal dari Eropa, tapi roti seolah sudah menjadi kuliner yang familiar di lidah masyarakat kita. Pasalnya roti seringkali dijadikan sebagai solusi untuk sarapan cepat saat sedang sibuk atau terburu-buru. Roti yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah jenis roti tawar, baik itu roti tawar gandum maupun roti tawar putih. Selain itu, ada roti sobek serta roti sandwich yang juga kerap kali dijadikan sebagai menu sarapan maupun bekal makan siang. Tapi tahukah kamu kalau di negara-negara Eropa, ada satu jenis roti yang juga sering digunakan sebagai menu sarapan, yakni roti sourdough. Roti ini sebenarnya juga bisa kita jumpai di Indonesia, tapi tak banyak orang yang mengetahuinya karena kebanyakan yang mengonsumsinya adalah para pecinta kuliner sehat.



Sumber:  Kenwoodworld.com


Roti sourdough dikenal sebagai salah satu jenis roti sehat sehingga sering dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet atau sedang ingin memperbaiki pola makannya. Lantas dari mana asal muasal roti sourdough yang dikenal menyehatkan ini? Usut punya usut, roti sourdough diketahui merupakan roti asal Perancis. Jadi jauh sebelum roti baguette populer di Perancis, sebelumnya sudah ada roti sourdough yang menjadi kesukaan masyarakat Perancis. Namun, ada juga yang mengatakan kalau asal muasal roti sourdough yang dikenal menyehatkan ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan kemunculan pertamanya ada di negara Mesir. Diduga roti sourdough ini tercipta karena ketidaksengajaan pembuatnya. Jadi pada saat membuat adonan roti, seorang pembuat roti pada 6.000 tahun yang lalu lupa kalau sedang membuat adonan roti dan meninggalkannya selama beberapa hari. Adonan roti yang terbuat dari tepung gandum, gula, dan air itu pun mengembang dengan sendirinya tanpa diberi ragi. Ketika ia mencoba memanggangnya, maka hasil yang didapat adalah roti dengan cita rasa agak asam tapi teksturnya sangat lembut.



Sumber:  Aheadofthyme.com


Sesuainya dengan namanya, roti sourdough ini merupakan roti yang punya citarasa asam. Rasa asam ini dihasilkan dari ragi alami. Jadi untuk membuat roti sourdough ini tidak menggunakan ragi instan, tetapi ragi alami yang harus dibuat terlebih dahulu dari tiga bahan utama, yakni tepung, air, dan gula yang didiamkan selama berhari-hari dalam suhu ruangan sehingga menjadi ragi. Berhubung didiamkan selama beberapa hari, maka tak heran kalau citarasanya menjadi agak asam. Lantas bagaimana asal muasal roti sourdough yang dikenal menyehatkan ini bisa sampai ke Perancis? Konon, teknik membuat ragi alami pada roti sourdough ini tersebar ke negara-negara yang ada di Timur Tengah lalu ke Eropa melalui para pedagang yang berlayar pada masa itu.



Sumber: Food52.com  


Roti sourdough ini dikenal menyehatkan karena menggunakan ragi alami sehingga bagus untuk sistem pencernaanmu. Roti sourdough sebenarnya bisa disantap begitu saja karena cita rasanya sudah enak. Tapi masyarakat Eropa lebih suka menyantapnya dengan olesan mentega atau dijadikan menjadi roti sandwich dengan isian keju atau daging asap lembaran. Perlu kamu ketahui kalau roti sourdough ini tergolong dalam jenis roti yang bisa bertahan lama karena tekstur bagian luarnya garing dan renyah sementara bagian dalamnya empuk. Itulah asal muasal roti sourdough yang dikenal menyehatkan. Jadi kalau kamu sedang ingin menyantap roti sehat, sourdough bisa menjadi pilihan roti yang tepat untukmu Semoga informasi di atas bisa berguna untuk teman kuliner.

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Unbakes

Foto Unbakes
Foto Unbakes
Foto Unbakes

Super Furry Tea & Bakery

Foto Super Furry Tea & Bakery
Foto Super Furry Tea & Bakery
Foto Super Furry Tea & Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?