Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan Dengan Sandwich Toast, Si Kuliner Hits Ibu Kota Saat Ini Yuk!

List Artikel
13 Desember 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang termasuk penggemar roti? Roti memang menjadi salah satu pengganti nasi yang mudah didapat dan bisa dikreasikan menjadi aneka kuliner lezat lainnya, salah satunya adalah dibuat menjadi sandwich toast. Jika kamu perhatikan, beberapa minggu belakangan ini sandwich toast sedang kembali populer di kalangan pecinta kuliner. Kepopuleran sandwich toast ini bukan di kafe, melainkan kedai kopi. Coba saja kamu lihat ada beberapa gerai atau kedai kopi yang menyediakan menu sandwich toast dalam menu mereka. Hal ini tentunya bukan tanpa sebab. 

Alasan yang pertama adalah sandwich toast sangat mudah disantap dan bisa di-take away alias kamu tidak harus menyantapnya di tempat. Alasan yang kedua adalah sandwich toast sangat cocok jika dipadukan dengan minuman kopi. Jadi tak heran kalau belakangan ini beberapa kedai kopi memiliki menu sandwich toast dengan resep andalan mereka.



 Sumber: Pergikuliner.com


Secara umum sandwich toast ini dibuat dari dua buah roti yang ditangkupkan menjadi satu. Di sela-selanya diberikan aneka isian yang bisa disesuaikan dengan seleramu. Biasanya untuk sandwich toast menggunakan isian telur dadar atau scrambled egg, atau telur rebus, bacon, daging asap, daging burger, hingga keju lembaran. Tidak seperti sandwich pada umumnya yang menggunakan campuran isian sayuran seperti acar mentimun, tomat, atau selada, sandwich toast kebanyakan justru tidak menggunakan sayuran. Hal ini dikarenakan roti nantinya harus dipanggang atau dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan sehingga jika di dalamnya ada isian sayuran maka akan cepat layu dan tidak segar lagi.



 Sumber: Pergikuliner.com


Sandwich sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1861 dan asalnya dari negara Inggris (United Kingdom). Resepnya ditemukan pada buku berjudul "Book of Household Management" yang ditulis oleh Isabella Beeton. Dalam buku tersebut, dijelaskan kalau ada kuliner bernama sandwich yang dibuat dari dua tangkup roti dengan irisan daging di dalamnya. Perlahan kuliner ini semakin dikenal di negara Eropa dan sering dijadikan sebagai canape atau makanan pembuka pada jamuan makan serta dijadikan snack pada acara minum teh. Lalu lambat laun masyarakat Amerika mulai menyukainya dan sandwih pun mulai populer di negeri paman sam tersebut. Berbeda dengan negara-negara Eropa, keberadaan sandwich di Amerika lebih sering dijadikan sebagai bekal makan siang untuk anak-anak yang mudah dibuat.



 Sumber: Pergikuliner.com


Lantas bagaimana dengan sandwich toast? Tidak diketahui secara pasti dari mana sandwich toast berasal, tapi diduga kuliner ini juga berasal dari negara Eropa. Sandwich toast memang tidak memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan sandwich biasa. Selain dari tidak adanya sayuran di dalamnya, tekstur dan cita rasa sandwich toast juga berbeda. Sandwich toast punya tekstur yang garing dan renyah di luar karena dipanggang serta aromanya juga lebih wangi karena ada proses karamelisasi akibat kandungan gula dalam roti yang ikut terbakar.

 

Itu dia fakta sandwich toast yang sudah PergiKuliner jabarkan buat kamu. Nah, kami jadi kepengen makan sandwich toast kekinian yang ada di Jakarta? Tenang, PergiKuliner punya rekomendasinya di bawah ini!

Jiwa Toast

Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast
Foto Jiwa Toast

Ohayou! Cheese Toast

Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast

Toast Box

Foto Toast Box
Foto Toast Box
Foto Toast Box

Truedan

Foto Truedan
Foto Truedan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?