Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan Yuk dengan Kopi Single Origin Buat Kamu yang Suka Nikmati Cita Rasa Kopi Asli

List Artikel
6 April 2018 | 0 Komentar

Bagi penyuka kopi, mencicip aneka jenis kopi bisa menjadi sebuah petualangan seru. Berburu kopi enak dari satu coffee shop ke coffee shop lain mungkin bisa dilakukan tak hanya seminggu sekali. Ketika kamu datang ke coffee shop, pernahkah kamu melihat menu kopi dengan nama single origin? Ada banyak orang yang belum mengerti apa itu single origin dan mengira kalau single origin adalah salah satu varian kopi, baik itu turunan manual brew maupun espresso. Faktanya, single origin merupakan sebuah istilah yang menunjukkan kalau biji kopi yang dihadirkan hanya berasal dari satu tempat dan tidak dicampur-campur dengan biji kopi dari daerah lain.

 

Sumber: pergikuliner.com


Single origin bisa juga diartikan bahwa biji kopi yang disajikan datang dari perkebunan atau dari dikumpulkan dari petani kopi yang sama. Hal inilah yang membuat citarasa single origin memiliki ciri khas karakter rasa sendiri tergantung dari wilayahnya berasal. Seperti yang kamu tahu, karakter rasa dari masing-masing daerah penghasil biji kopi itu berbeda-beda tergantung pada kondisi geografis setempat. Misalkan saja biji kopi yang berasal dari Aceh atau yang dikenal dengan nama kopi Gayo Aceh yang memiliki citarasa asam rendah dengan rasa rempah yang tajam, biji kopi dari daerah Bali atau kopi Kintamani yang memiliki rasa manis, lembut dan fruity, dan lain sebagainya.


Sumber: pergikuliner.com 


Memang tak semua coffee shop menghadirkan kopi dengan pilihan single origin. Jenis kopi blend lebih banyak disukai karena karakter rasa kopinya bisa lebih bervariasi. Kopi blend merupakan kebalikan dari single origin yang merupakan jenis biji kopi yang dikombinasikan dari berbagai daerah asal yang berbeda untuk mendapatkan hasil rasa yang diinginkan. Misalkan saja jika kamu menginginkan kopi dengan cita rasa kuat tapi ada sedikit rasa fruity, maka kamu bisa menggabungkan atau mencampurkan penggunaan kopi Gayo Aceh dengan kopi Java.


Sumber: pergikuliner.com 


Meski demikian, kopi single origin punya kelebihan yang tidak dimiliki kopi blend, yakni karakteristik rasa yang lebih konsisten karena setiap biji kopi memiliki karakteristik sendiri-sendiri sehingga ketika mencicipnya, kita bisa mengetahui dan menebak dari manakah asal biji kopi tersebut. 

Nah! Setelah "kenal" dengan kopi single origin dan tertarik untuk mencobanya, kamu bisa kunjungi beberapa kedai kopi rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Seulawah Coffee

Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee

Turning Point Coffee

Foto Turning Point Coffee
Foto Turning Point Coffee
Foto Turning Point Coffee

Pigeon Hole Coffee

Foto Pigeon Hole Coffee
Foto Pigeon Hole Coffee
Foto Pigeon Hole Coffee

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?