Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenalan Yuk dengan Nasi Bogana yang Jadi Sajian Pengucap Syukur!

List Artikel
7 Maret 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sudah pernah makan nasi bogana? Mendengar nama nasi bogana pasti masih terasa asing bagi sebagian besar orang. Tapi bagi orang-orang yang tinggal di kawasan pulau Jawa, tentunya kuliner ini tidak asing lagi. Nasi bogana merupakan salah satu kuliner asal Tegal, Jawa Tengah. Banyak yang menjuluki nasi bogana ini dengan julukan nasi campur ala Tegal. Biasanya nasi ini disajikan dalam wadah pembungkus daun pisang, tapi kebiasaan ini sudah lama ditinggalkan dan sekarang sudah sering disajikan di atas piring saji. Penggunaan wadah dengan bungkusan daun pisang ini dinilai bisa mempermudah orang yang akan membawanya sehingga bisa dibawa ke mana-mana. Selain menggunakan daun pisang, nasi bogana juga kerap kali menggunakan daun jati.



 Sumber : Qetring.com


Menurut sejarahnya, nasi bogana ternyata masih diperdebatkan asalnya karena sebagian ada yang mempercayai kalau nasi ini asli Tegal, tapi ada juga mengatakan kalau nasi ini khas Cirebon karena dikatakan keberadaannya ini dari Kesultanan Cirebon. Dilihat dari penamaannya, nama ‘bogana’ itu sendiri berasal dari bahasa Sunda ‘saboga-bogana’ yang artinya adalah seadanya atau semampunya. Jadi konon katanya, nasi bogana disajikan sebagai bentuk syukur kepada pencipta. Tak heran kalau pada kenyataannya, kamu akan lebih sering menjumpai nasi bogana pada saat perayaan adat, syukuran, selamatan, atau acara pernikahan dan lamaran.



 Sumber : Idntimes.com


Seperti yang sudah dikatakan di atas, nasi bogana adalah nasi campur khas Tegal atau Cirebon yang di dalamnya terdapat banyak sekali lauk. Mulai dari ayam kari suwir, oseng kacang panjang, telur pindang, serundeng sapi, sambal goreng ati ampela, serta irisan tahu dan tempe goreng. Keunikannya adalah nasi yang digunakan bukanlah nasi putih biasa. Melainkan nasi gurih yang dimasak dengan menggunakan santan dan juga aneka rempah-rempah khas Indonesia. Cita rasa nasi bogana ini bisa dikatakan sangat kaya sekali karena ada banyak perpaduan lauk di dalamnya. Untuk cita rasa nasinya sendiri saja sudah wangi, gurih dan berempah. Apalagi ditambah dengan aneka macam lauk-pauknya yang bervariasi. Selain cita rasanya yang enak, nasi bogana juga kaya akan kandungan gizi dan nutrisi. Secara ada banyak bahan makanan yang tercampur di dalamnya.

 

Itulah penjelasan mengenai nasi bogana yang selalu jadi sajian pengucap rasa syukur. Semoga informasi di atas bisa menambah informasi kuliner untukmu ya. Jika perutmu terasa lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa mampir dulu ke salah satu tempat makan di bawah ini aja ya!

Nasi Kapau Sodagar

Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar

Nasi Campur Aphang

Foto Nasi Campur Aphang
Foto Nasi Campur Aphang
Foto Nasi Campur Aphang

Master Nasi Pedas Bali

Foto Master Nasi Pedas Bali
Foto Master Nasi Pedas Bali

Nasi Kari Akiat

Foto Nasi Kari Akiat
Foto Nasi Kari Akiat
Foto Nasi Kari Akiat

Piring Nasi

Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?