Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenali 3 Hot Pot dari Tiga Negara Ini Yuk!

List Artikel
9 September 2017 | 0 Komentar

Pernahkah kamu mencicipi hidangan shabu-shabu, suki, atau steamboat? Sekilas hidangan ini memang serupa, dengan cara penyajian yang sama yakni di dalam sebuah panci khusus lengkap dengan kompor mininya di atas meja makan. Tetapi jika lebih diperhatikan, ketiganya ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup terlihat. Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui kalau ketiga hidangan yang kerap disebut hot pot ini sebenarnya merupakan hidangan khas Asia yang berasal dari tiga negara yang berbeda yaitu shabu-shabu dari Jepang, suki dari Thailand, dan steamboat dari Cina. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini yuk!


1. Shabu-Shabu



sumber : pergikuliner.com


Shabu-shabu adalah hidangan asal Jepang jenis nabemono yang berupa irisan daging sapi yang sangat tipis yang kemudian dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan untuk beberapa kali, sebelum dimakan bersama dengan saus tare yang mengandung wijen. Di dalam panci biasanya juga dimasukkan sayur-sayuran dan tahu atau kuzukiri. Selain irisan daging sapi, ada pula daging lain yang dapat dimasak dengan shabu-shabu diantaranya adalah daging ayam, daging domba, ikan fugu, gurita dan ikan kakap.


2. Suki



sumber : pergikuliner.com


Suki atau dikenal juga sebagai sukiyaki adalah hidangan khas Thailand yang berisi irisan daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu yang dimasak dengan cara direbus di dalam panci besi yang diletakkan di atas meja makan. Suki dimakan dengan cara mencelupkan irisan daging ke dalam kocokan telur ayam. Sementara, sayur-sayuran untuk suki seperti bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku atau nama daun dari pohon keluarga seruni, jamur shiitake, dan jamur enoki tidak perlu dicelupkan ke dalam telur. Sebagai pelengkap, suki biasanya ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun berwarna bening atau sedikit abu-abu. Sebagai info tambahan, suki pada dasarnya memiliki dua versi yaitu suki yang berasal dari daerah Kansai dan suki yang berasal dari daerah Kanto. Perbedaan suki ini terlihat dari cara penyajian, jenis bumbu, dan rasanya yang berbeda.


3. Steamboat



sumber : pergikuliner.com


Steamboat adalah sajian makanan yang berasal dari Cina yaitu berupa aneka sayuran, seafood, bakso, dan jamur yang dimasak didalam wadah khusus di atas meja komplit dengan kompor gas mininya. Biasanya menyajian steamboat dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, piring yang berisi beraneka macam protein seperti daging ayam, ikan, udang, scalop, tahu, telur, sayuran dan beberapa makanan tambahan seperti cabe isi ikan dan bakso. Kedua, piring yang berisi sajian karbohidrat seperti mie kuning dan mie hoon. Ketiga adalah berupa kompor gas mini yang di atasnya sudah disiapkan wadah atau panci kecil untuk merebus supnya. Pilihan kuah untuk steamboat biasanya terdiri dari sup kaldu udang, sup kaldu ayam, atau sup kuah laksa.


Jadi perbedaan mendasar dari ketiga hidangan tersebut. Sebenarnya perbedaan antara shabu-shabu, suki, maupun steamboat terletak pada kuahnya. Shabu-shabu biasanya menggunakan kuah kaldu, dengan rasa gurih tetapi sedikit hambar. Sementara untuk suki, kuah yang digunakan biasanya kuah tomyam dengan cita rasa asam, gurih, dan sedikit pedas. Dan biasanya telur akan dipecahkan dan dimasukkan ke dalam kuah ketika suki hendak disajikan. Namun untuk steamboat, biasanya menggunakan kuah kaldu ayam ataupun laksa yang rasanya lebih gurih tetapi tidak pedas.

Daripada makin pensaran, langsung aja yuk buktiin bedanya ketiga makanan di atas dengan datang ke restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Shabu Shabu Gen

Foto Shabu Shabu Gen
Foto Shabu Shabu Gen
Foto Shabu Shabu Gen

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu

I-ta Suki

Foto I-ta Suki
Foto I-ta Suki

PSY Steamboat Yakiniku

Foto PSY Steamboat Yakiniku
Foto PSY Steamboat Yakiniku
Foto PSY Steamboat Yakiniku

Seaside Suki

Foto Seaside Suki
Foto Seaside Suki

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?