Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenali Ciri Penggunaan Formalin Pada Makanan ini Yuk!

List Artikel
17 Februari 2019 | 0 Komentar
Bagi para pecinta kuliner, kita kerap kali menyantap aneka jenis kuliner yang beragam, mulai dari kuliner restoran hingga kaki lima. Tidak peduli lokasinya berada di mana, asalkan kuliner tersebut enak untuk disantap, maka kita pasti akan rela berburu dan datang langsung untuk mencicip seperti apa cita rasanya. Tapi pernahkah kamu merasa yakin kalau selama ini kuliner yang kamu santap ini sehat dan bebas dari kandungan-kandungan formalin? Beberapa bahan makanan yang ada di Indonesia sangat rentan terkena formalin karena zat ini bisa membuat makanan menjadi lebih awet dan tahan lama. Untuk menghindarinya, kamu bisa membaca dulu bagaimana ciri makanan yang menggunakan formalin, yaitu:

1. Ikan Asin



Sumber : Kurioapps.com


Yang pertama ada ikan asin yang paling rentan terkena formalin karena ikan asin merupakan ikan yang difermentasikan supaya tahan lama menggunakan garam. Untuk dapat mengenali penggunaan formalin pada ikan asin, kamu bisa melihat dari tampilan warnanya dulu ya. Jika tampilannya cenderung berwarna cerah, bukan pucat. Warna ikan asin yang berformalin biasanya berwarna sangat cerah, bersih dan tidak berbau sehingga tidak dihinggapi lalat. Sedangkan untuk ikan asin yang tanpa formalin akan terlihat pucat, berbau amis dan dihinggapi lalat.

2. Bakso


Sumber : Pergikuliner.com


Bahan makanan yang satu ini pasti kamu sudah tahu kalau rentan menggunakan formalin. Bakso tak hanya rentan terhadap formalin, tapi juga boraks. Ciri-ciri dari bakso yang menggunakan formalin adalah tampilannya yang bersih dan tidak kusam. Aromanya juga akan menyengat dan teksturnya sangat kenyal dan akan kembali kebentuk semula jika digigit. Ditambah lagi, bagian luarnya tidak akan lengket atau berlendir meski dibiarkan di ruangan terbuka selama berhari-hari. Sedangkan untuk bakso yang tanpa formalin memiliki warna yang abu-abu agak kusam dan akan mudah basi jika diletakkan di ruangan terbuka berhari-hari.

3. Mie


Sumber : Pergikuliner.com


Mie juga sangat rentan dengan formalin. Mie yang dimaksud di sini bisa berupa mie kering seperti mie instan atau mie basah seperti mie kuning. Mie yang ditambahkan formalin memiliki tampilan yang sangat mengkilat dan tidak lengket saat dipegang. Berbeda dengan mie yang tidak berformalin karena tampilannya lebih kusam dan lengket saat dipegang karena kandungan tepung yang terpapar udara. Ditambah lagi, untuk mie basah pada umumnya akan cepat basi dan tidak bisa bertahan lebih dari 15 hari pada suhu kamar. Sementara untuk mie basah yang berformalin akan awet hingga 1 bulan lamanya.

4. Tahu



Sumber : Pergikuliner.com


Tahu merupakan lauk favorit masyarakat Indonesia yang juga sering ditemukan berformalin. Tahu pada dasarnya adalah bahan makanan yang mudah basi. Jika diletakkan di ruangan terbuka pasti akan basi dalam jangka waktu 2-4 hari. Jika ditaruh di kulkas, maka akan tahan hingga satu minggu. Jadi kalau tahu milikmu sudah melebihi jangka waktu tersebut tapi masih tetap awet, maka bisa jadi tahumu berformalin. Tekstur tahu berformalin agak keras, kenyal tapi tidak padat dan baunya agak menyengat. Memang sangat sulit mengetahui tahu berformalin. Tapi PergiKuliner punya caranya, kamu bisa menjatuhkan tahu dari atas ketinggian setengah meter, jika tidak hancur, itu tandanya tahu berformalin.

5. Ayam Potong



Sumber : Kfayam.com


Terakhir ada ayam potong yang ternyata juga sering menggunakan formalin. Ketika kamu membeli ayam potong, coba perhatikan dengan jelas, jika ayam terlihat putih bersih dan tidak mudah busuk, serta teksturnya kencang, maka bisa jadi ayam potong itu sudah diberi formalin. Ayam segar yang sehat memiliki tampilan kulit segar, pori-porinya licin, teksturnya kenyal saat ditekan jari, tidak berair, dan kakinya tidak memar. 


Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana ciri makanan yang berformalin? Jadi, mulai sekarang kamu harus ekstra hati-hati ya dalam memilih bahan makanan yang tepat dan pastikan makananmu itu sehat! 

Nah, kalau kamu mau makan makanan yang enak dan aman dari segala bahan kimia berbahaya, PergiKuliner sudah menyiapkan rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar

Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar
Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar
Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?