Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenali Jenis Bawang yang Sering Digunakan di Dunia Kuliner

List Artikel
30 November 2017 | 0 Komentar

Bawang merupakan salah satu rempah yang paling banyak digunakan dalam masakan. Hampir semua menu masakan di dunia menggunakan bawang sebagai bumbu utamanya. Bawang digunakan sebagai bumbu karena memiliki aroma yang khas serta rasa yang bisa  membuat masakan jadi lebih lezat. Selain itu, bawang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh seperti mengurangi kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker, dan masih banyak lagi. Bawang memiliki banyak jenis di dunia, tapi ternyata hanya ada lima jenis yang paling sering digunakan dalam dunia kuliner, yaitu:

 

1. Bawang Bombay


Sumber: clever-storage.com


Bawang bombay aslinya berasal dari kawasan Asia Tengah. Bentuknya sangat besar melebihi ukuran bawang pada umumnya. Bawang bombay terdiri dari dua jenis yakni bawang bombay merah dan bawang bombay manis yang bagian dalamnya berwarna putih. Bawang bombay sering dijadikan campuran pada kuliner Barat, tumisan, dan juga bisa dimakan mentah dalam sajian salad. Bawang bombay juga sering dijadikan sebagai campuran dalam kaldu sayuran bersama dengan wortel, daun bawang, dan kentang.

 

2. Bawang Merah


Sumber: klimg.com


Bawang merah menjadi jenis bawang yang paling banyak digunakan di Indonesia. Bawang merah memiliki bentuk yang agak bulat dengan aroma yang pedas sehingga bisa membuat mata kamu berair saat mengupas dan mengirisnya. Bawang merah digunakan sebagai bumbu masakan dengan cara dihaluskan atau digoreng kering dan dijadikan taburan pada aneka jenis masakan Indonesia. Bawang merah juga sangat enak jika disantap mentah dengan cara diiris-iris halus lalu diberi cabai rawit dan minyak panas.

 

3. Bawang Putih


Sumber: pinterest.com


Bawang putih sangat identik dengan masakan dari Asia Timur. Di Asia Timur, bawang putih lebih sering dijadikan bumbu tumisan atau isian dumpling. Di Indonesia, bawang putih lebih banyak dijadikan bumbu pada masakan sup dengan cara dimemarkan atau dihaluskan. Sementara pada masakan Barat, bawang putih dijadikan sebagai bumbu yang dipadukan dengan daging ayam, sapi, atau kalkun. Bawang putih memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga jika kamu memakannya pasti akan menimbulkan aroma tidak sedap pada mulut.

 

4. Bawang Batak


Sumber: femina.co.id


Jenis bawang yang satu ini sebenarnya sering kamu jumpai pada masakan Indonesia, tapi masyarakat Indonesia tidak terlalu mengenalnya. Bawang batak sering disebut dengan nama lokio. Bawang batak diyakini berasal dari dataran China. Di negara asalnya, bawang batak diolah menjadi tumisan serta dicampur dalam seafood. Sementara di Indonesia sendiri sering kamu jumpai sebagai bahan campuran pada asinan sayur.

 

5. Daun Bawang


Sumber: besthealthline.com


Terakhir ada daun bawang yang sering kamu jumpai pada sajian sup serta soto khas Indonesia. Selain di Indonesia, daun bawang juga banyak digunakan di Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan China yang menggunakannya sebagai campuran bahan tumisan, gorengan, hingga taburan sup. Meski bentuknya seperti batang. Tapi teksturnya sangat lunak.


Sudah tau kan jenis-jenis bawang yang paling sering digunakan dalam dunia kuliner? Biasanya jenis-jenis bawang di atas bisa kamu temui di beberapa makanan seperti makanan di bawah ini. Sekalian cobain yuk!

Mamma Rosy

Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy

Kopi Kitchen

Foto Kopi Kitchen
Foto Kopi Kitchen

Happy Hana Coffee & Dine

Foto Happy Hana Coffee & Dine
Foto Happy Hana Coffee & Dine
Foto Happy Hana Coffee & Dine

Rumah Kongkow

Foto Rumah Kongkow
Foto Rumah Kongkow
Foto Rumah Kongkow

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?