Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenali Perbedaan Daging Sapi, Babi dan Ayam Biar Tak Salah Lagi!

List Artikel
9 Oktober 2019 | 0 Komentar

Daging merupakan salah satu sumber protein hewani yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya protein saja yang bisa didapat dari daging, tapi juga ada banyak kandungan gizi di dalamnya. Ada banyak jenis daging yang bisa kamu konsumsi, tapi dari sekian banyak tersebut, ada tiga yang paling banyak dan paling sering digunakan, yakni daging sapi, babi, dan ayam. Ketiganya ini paling sering digunakan pada aneka olahan masakan, baik itu untuk dijadikan sup, dibakar, dipanggang, ditumis, hingga digoreng. Meski ketiganya sama-sama memiliki kandungan gizi yang tinggi, tapi bisakah kamu membedakan ketiganya ini dengan mudah? Kita kerap kali tertukar di antara ketiganya, lantas bagaimana cara membedakannya?



Sumber : Foodbussinessnews.net


1. Dari Segi Aroma

Jika dilihat dari segi aromanya, daging sapi, babi dan ayam ini berbeda-beda aromanya. Untuk daging sapi aromanya akan lebih anyir dibanding ketiganya. Aroma yang tidak terlalu anyir adalah daging ayam. Jika masih segar, daging ayam justru tidak berbau sama sekali. Sedangkan untuk daging babi, aromanya agak sedikit berbau logam.

 

2. Dari Segi Warna

Jika dilihat dari warnanya, kita sering keliru antara daging sapi dengan daging babi dan daging ayam dengan daging babi. Tapi tidak dengan daging sapi dengan daging ayam karena warnanya terlihat sangat berbeda. Untuk warna daging sapi terlihat lebih cokelat dan kemerahan jika dibandingkan dua jenis daging lainnya. Sedangkan untuk daging babi warnanya lebih terlihat pucat jika dibandingkan daging sapi. Tapi kalau dibandingkan dengan daging ayam akan terlihat lebih gelap warnanya. Daging ayam memiliki warna yang paling pucat dibanding daging sapi dan babi. Warna daging ayam agak pink keputihan.

 

3. Dari Segi Tekstur

Kalau melihat perbedaan dari segi teksturnya maka kamu akan bisa membedakannya dengan mudah. Daging sapi memiliki tekstur yang padat dan kenyal. Jika kamu menekannya dengan jari, maka permukaannya akan kembali seperti semula seperti membal. Sedangkan untuk daging babi, teksturnya lebih kenyal dan lembek sehingga lebih mudah direnggangkan. Lain halnya dengan daging ayam yang teksturnya padat tapi lembek dan berair, apalagi jika kamu tekan permukaannya.


4. Dari Segi Kaldunya

Kamu juga bisa membedakannya dari kaldu ketiganya jika sudah direbus. Memang agak terlihat lebih sulit jika kamu membedakan kaldunya, tapi jika diperhatikan ada perbedaan yang bisa dilihat kok kalau kamu melihat minyak kaldunya. Untuk kaldu daging babi akan lebih berminyak karena lemaknya lebih banyak. Sedangkan untuk kaldu ayam minyaknya lebih sedikit. Lain halnya dengan daging sapi yang cenderung lebih bening kaldunya. Citarasanya pun jauh lebih gurih.

 

Itulah perbedaan daging sapi, babi dan ayam. Sekarang mari simak dulu yuk beberapa referensi tempat makan yang bisa kamu kunjungi di bawah ini!

Meat Republiken

Foto Meat Republiken
Foto Meat Republiken

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Tucano's Churrascaria Brasileira

Foto Tucano's Churrascaria Brasileira
Foto Tucano's Churrascaria Brasileira
Foto Tucano's Churrascaria Brasileira

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?